Cara Memasang Script Lazy Load Google Analytics di Blogger

Posting Komentar
Fernn.id - Pada kesempatan kali ini admin ingin sedikit berbagi tutorial masih seputaran blogging yaitu Cara Memasang Script Lazy Load Google Analytics Blogger, tutorial ini kami buatkan karena banyaknya permintaan dari kalian pengguna platform blogger.

Pernah gak kalian merasa bingung dengan penurunan kecepatan pemuatan laman blog? Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena adanya script bawaan google analytics pada template yang kalian gunakan.

Tidak sedikit dari para blogger yang mengeluh adanya penurunan kecepatan pemuatan halaman blog ketika memasang script bawaan google analytics. Sehingga tidak sedikit pula yang akhirnya tidak memasang script penting ini, contohnya di blog kami sebelumnya.

Google Analytics ini sendiri merupakan layanan gratis yang disediakan google untuk menampilkan lalu lintas atau statistik pengunjung di sebuah web. Penelusuran bisa berdasarkan informasi halaman pengacu, mesin pencarian, email marketing, dan lain sebagainya.

Pembahasan

Lazy Load adalah sebuah script yang berfungsi untuk menunda pemuatan objek tertentu di web sampai ada aktifitas scroll halaman. Biasanya lazy load ini sering dipasang pada Gambar, Iklan, atau Javascript.

Masih belum paham cara kerjanya? begini sob, sebagai contoh lazy load di javascript. Ketika kalian mengakses sebuah blog tentu saja pada awal pemuatan halaman akan memuat semua konten dan isi web tersebut, nah hal ini tentunya akan berbeda jika kalian memasang lazy load pada javascript.

Script eksternal javascript akan ditunda pemuatannya, sampai ada aktifitas scrolling halaman web, setelah itu baru javascript akan dimuat.

Sedangkan untuk manfaat lazy load sendiri yaitu untuk meringankan kinerja pemuatan halaman web sehingga meskipun kalian pasang javascript ataupun iklan yang terkenal berat, tidak akan jadi masalah selagi terdapat script lazy load pada blog kalian.
Catatan !!
Pada tutorial kali ini kami tidak membahas caranya membuat akun dan mendapatkan ID Pelacakan dari Google Analytics.

Cara Memasang Lazyload Google Analytics

Sebelum melanjutkan ke tutorial, pastikan kalian sudah memiliki akun dan mendapatkan ID Pelacakan dari Google Analytics.
  1. Silahkan login ke akun Blogger.com
  2. Pada menu dashboard, lanjut pilih Template > Edit HTML
  3. Kemudian cari kode </head>
  4. Salin script berikut ini, dan letakkan diatas kode pada (langkah no.3)
    <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
    var lazyanalisis=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyanalisis||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyanalisis)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="//www.googletagmanager.com/gtag/js?id=ID Pelacakan";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyanalisis=!0)},!0);
    //]]>
    </script>
    Keterangan:
    Ubah tulisan yang sudah kami tandai dengan ID Pelacakan milik kalian sendiri.
  5. Kemudian salin dan letakkan juga kode berikut ini tepat diatas kode </body> template.
    <script>
      window.dataLayer = window.dataLayer || [];
      function gtag(){dataLayer.push(arguments);}
      gtag(&#39;js&#39;, new Date());
      gtag(&#39;config&#39;, &#39;ID Pelacakan&#39;);
    </script>
  6. Save Template.

Contoh Test Pagespeed Load Setelah Pasang Lazyload


Kesimpulan

Dengan memasang script lazyload ini ke template blog kalian, maka otomatis pemuatan halaman akan jauh lebih cepat saat diakses daripada tidak menggunakan. Jika ada pertanyaan silahkan bisa ditanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel.

Mungkin sekian dahulu artikel dari Cara Memasang Script Lazy Load Google Analytics di Blogger, semoga selalu bermanfaat.
Terimakasih
Fernand
Fernand
Hanya seorang blogger yang hobinya coding

Related Posts

Posting Komentar

Dapatkan artikel terbaru!