5 Perbedaan Antara Template Free dan Premium Blogger

Posting Komentar
Fernn.id - Pada kesempatan kali ini admin ingin sedikit berbagi masih seputaran blogging yang lebih tepatnya mengarah ke pembahasan template yaitu 5 Perbedaan Antara Template Free dan Premium yang menurut kami perlu dibahas karena kurangnya pengetahuan ini di kalangan para blogger.

Bagi anda yang menggunakan platform blogger atau wordpress sekalipun, tentunya dibutuhkan sebuah template untuk menunjang blog. Memiliki template yang rapih, bersih, dan elegan merupakan idaman semua blogger. Namun harus dilupakan jika kalian mengelola blog hanya ingin semuanya gratis dan tidak mengeluarkan modal sedikitpun.

Tidak sedikit dari blogger yang masih menggunakan template free (gratisan) hanya karena alasan tidak mengeluarkan biaya lebih. Padahal secara fitur dan kelebihannya, template premium (berbayar) memiliki segudang kelebihan jika kita bandingkan dikebanyakan template gratisan.

Bahkan tidak hanya berbeda pada bagian fitur, namun terkadang juga ada beberapa pembuat template yang sengaja membuat perbedaan pada tampilan template agar penggunanya bisa membeli hasil karya tersebut. Seperti halnya di template Fletro Pro di versi gratisan sangatlah berbeda tampilannya dengan yang versi premium (berbayar).

5 Perbedaan Template Gratis dan Berbayar

Ilustrasi Perbedaan Fitur Template

Banyak sekali perbedaan antara template berbayar dan gratisan yang perlu kalian ketahui, berikut inilah daftar 5 perbedaan antara template versi gratisan dan berbayar yang kami ketahui.

1. Credit Link

Biasanya credit link ini selalu disisipkan pada bagian footer template dan bisa kita temukan pada template Free Version. Untuk cara kerja nya, credit link ini sendiri biasanya akan mengalihkan ke blog designer template apabila credit template tersebut dihapus.

Credit link ini disisipkan tidak lain bertujuan agar pengguna template bisa menghargai karya orang lain dengan tidak menghapus credit template.

2. Meta Tag SEO Berbeda

Meta Tag ini sangatlah berpengaruh tinggi rendahnya serta kuat dan lemahnya tingkatan SEO ranking blog dan artikel yang diterbitkan bagi SERPs.

SEO apapun yang kalian terapkan di artikel, jika meta tag template tidak mendukung maka secara otomatis artikel susah bersaing dengan blog lain dalam mencapai page one di mesin pencarian.

Biasanya meta tag yang kurang SEO ini, terdapat pada template Free Version yang kurang diperhatikan atau memang dikurangi fiturnya oleh si Designer Template.

3. License Template

License adalah sebuah tools yang bekerja dari susunan javascript agar template bisa dikontrol  penuh oleh si desainer. Hal ini bertujuan supaya Template Premium tidak di bagikan secara gratis atau diperjualbelikan.

Cara kerja license sendiri hampir mirip dengan credit link pada template, yaitu mengalihkan alamat ke blog desainer template jika pengguna memang tidak memiliki akses penuh terhadap template.

4. Responsive dan Mobile Friendly

Pada umumnya hampir keseluruhan susunan kode yang terdapat pada template Free Version kurang sempurna jika dibandingkan versi berbayarnya, jadi tidak heran jika template tidak memiliki tampilan yang responsive dan mobile friendly.

Halaman blog yang responsive dan mobile friendly ini sangatlah berpengaruh pada nilai SEO di suatu blog. Jika kalian menggunakan template gratisan jangan berharap mendapatkan template yang sempurna.

5. Dukungan Template

Dukungan template atau (support user) ini merupakan hal kecil tapi biasanya diperlukan bagi blogger pemula. Hal ini diberikan agar pengguna tidak merasa kesulitan untuk mengelola blog atau situsnya.

Biasanya desainer memberikan bantuan jika template terjadi kerusakan atau error sehingga tampilan atau fitur tidak seperti yang di harapkan. Dukungan ini juga bisa tidak berlaku apabila melanggar ketentuan yang sudah desainer berikan.

Kesimpulan

Jika dilihat dari perbedaan diatas, tentu sudah bisa kita simpulkan bahwa sebaiknya memilih pada template premium jika kalian memang serius menekuni dunia blogging. Tetapi tetap sesuaikan budget yang kalian miliki, jangan paksakan jika memang belum ada.

Mungkin sekian dulu artikel dari 5 Perbedaan Antara Template Free dan Premium Blogger, jika memiliki pertanyaan silahkan ajukan melalui kolom komentar.
Terima kasih
Fernand
Fernand
Hanya seorang blogger yang hobinya coding

Related Posts

Posting Komentar

Dapatkan artikel terbaru!