Cara Ampuh Supaya Artikel Cepat Terindex di Pencarian Google

Fernn.id - Pada kesempatan kali ini admin ingin sedikit berbagi tips seputar blogging yang akan berguna saat kalian mengalami kendala seperti artikel yang susah di index mesin pencari karena kurangnya pengetahuan si pemilik blog atau website.

Susahnya artikel terindex ada beberapa faktor, seperti misalnya kurangnya optimasi, mengabaikan poin SEO, dan lain-lain yang sebenarnya harus dilakukan apabila kalian sudah paham dengan optimasi SEO. Dibeberapa kasus para blogger sering sekali mengabaikan peranan penting SEO karena suatu alasan.
Padahal jika sobat mengerti tentang optimasi SEO bisa dipastikan artikel yang dipublikasikan akan lebih cepat terindex mesin pencari, dan mudah bersaing mencapai peringkat teratas. Hal ini jelas bertolak belakang jikalau website yang dikelola sudah banyak dikenal dan punya trafik yang stabil perharinya contohnya seperti website berita yaitu Detik.com, Kompas, dan Tribunnews.

Tapi perlu diketahui, meskipun kalian sudah mengikuti panduan SEO yang benar bukan berarti artikel yang di publikasikan bisa asal-asalan. Karena pada dasarnya konten adalah yang utama yang menentukan website disukai pengunjung atau tidak.

Pembahasan

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematik dan bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik melalui mesin pencari dengan memanfaatkan mekanisme dan algoritma dari mesin pencari.

Tujuan dari SEO sendiri ini adalah untuk menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya dihalaman pertama pada hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang telah ditargetkan.

Secara logika situs web yang menempati posisi teratas memiliki peluang lebih besar untuk memperoleh visitor atau pengunjung daripada website yang mengabaikan nilai-nilai SEO.
(Sumber : Wikipedia)

Perlu diketahui, bahwa algoritma google bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi usahakan selalu update tentang SEO website bisa dari blog ini ataupun blog lain yang tentunya paham dengan SEO atau pakarnya.

Cara Ampuh Supaya Artikel Mudah Terindex Google

Berikut ini adalah poin wajib yang bisa kalian terapkan untuk membuat artikel baru lebih mudah terindex oleh mesin pencari terutama Google.

  1. Memiliki Akun Google Webmaster
    Memiliki akun Google Webmaster dan kaitkan blog ke Google Search Console, jika belum silahkan mendaftar ke https://www.google.com/webmasters/

  2. Tentukan Kata Kunci
    Buatlah 3 kata kunci dan usahakan supaya tidak bersaing dengan situs besar untuk menghindari persaingan.

  3. Buat Judul Berdasarkan Keyword
    Pastikan membuat judul artikel berdasarkan kata kunci yang sudah kalian tentukan.

  4. Membuat Heading Berdasarkan Keyword
    Buatlah heading / subheading yang berdasarkan keyword untuk menjelaskan ke pembaca konten apa yang kalian publikasikan.

  5. Buat Paragraf Penguraian Judul
    Pastikan artikel yang ditulis bisa dipahami oleh pengunjung dengan membuat penjelasan atau penguraian dari judul artikel.

  6. Selalu Membuat Link Internal
    Usahakan dalam membuat artikel, selalu berikan link internal yang mengarah ke artikel lain agar terbantu terindex mesin pencari.

  7. Selalu Submit Artikel Secara Manual
    Usahakan setiap mempublikasikan artikel selalu submit artikel ke GSC (Google Search Console).

  8. Artikel Minimal Memiliki 300 Kata
    Usahakan dalam membuat artikel selalu memiliki jumlah minimal 300 kata.

  9. Cek Score SEO Website
    Pastikan website anda memiliki score SEO diatas 90%, Cara Mengetahui Score SEO Website.

Seperti yang sudah kami ucapkan sebelumnya, bahwa konten tetaplah yang utama. Jadi jangan berfikiran jika SEO saja bisa membantu blog kalian menjadi peringkat teratas pada halaman pertama di mesin pencari.

Penutup

Jikalau ada yang belum dimengerti atau mungkin ingin menambahkan point nya, silahkan bubuhkan ke kolom komentar tepat dibawah postingan ini. Dengan senang hati kami akan membantu apabila tidak ada kesibukan diluar kegiatan blogging yang kami jalani.

Mungkin sekian dulu artikel kali ini, jangan malu untuk bertanya, semoga selalu bermanfaat.
Terimakasih