Cara Membuat 301 Redirect Permanent Menggunakan Cloudflare

Posting Komentar
Fernn.id - Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi info menarik masih seputaran blogging yaitu Cara Membuat 301 Redirect Permanent Menggunakan Cloudflare yang mungkin kalian cari panduannya untuk mengalihkan blog lama ke blog baru.

Pada dasarnya pengalihan ini sering digunakan untuk menjaga peringkat blog pada mesin pencari atau yang biasa disebut SERP (Search Engine Result Page), atau mungkin juga nama domain blog lama kurang menarik sehingga diganti ke domain baru.

Membuat pengalihan 301 Redirect Permanent ini perlu kalian lakukan jika ingin mengganti nama domain baru agar mesin pencarian dan pengunjung mengetahui jika blog anda sudah berganti domain.

Hal ini sendiri sudah kami terapkan di blog lama yaitu coretancode.com dan sempetin.my.id, agar tak terjadi kehilangan peringkat SERP yang sudah kami dapatkan melalui blog lama, selain itu hal ini juga berguna untuk meningkatkan nilai DA (Domain Authority) blog baru dengan cara menanam backlink di blog lama.

Pembahasan

Pernah gak kalian menemukan sebuah website yang alamat url nya berubah saat diakses? Misalnya alamat web tersebut adalah bacadulu.com tapi setelah laman sudah muncul, tiba-tiba alamat web berubah menjadi bacadulu.com/blog dan inilah yang dimaksud redirect.

Pengalihan domain seperti ini juga bisa ditemukan di template gratisan yang memiliki link credit footer, jadi saat kita mencoba hapus link credit maka alamat yang seharusnya menuju ke blog kalian akhirnya beralih ke blog pembuat template tersebut.

Pansos (Panjat Sosial) bisa diibaratkan seperti redirect, kenapa? Hal ini dikarenaka sama-sama memanfaatkan kepopuleran dari salah satu pihak.

Tutorial Membuat 301 Redirect

Postingan ini kami buat karena banyaknya keluhan dari para blogger yang rata-rata tidak memiliki hosting dan pengetahuan yang jelas untuk membuat 301 Redirect Permanent di platform blogger.

Untuk membuatnya itu sangatlah mudah, kalian tidak perlu menyewa hosting dan tidak perlu menggunakan file .htaccess yang dibutuhkan hanya domain sudah terhubung dengan Cloudflare.

1. Silahkan masuk terlebih dahulu ke halaman login Cloudflare.com

2. Kemudian pilih domain yang akan dieksekusi untuk membuat pengalihan 301. (Pastikan domain aktif dan sudah terhubung)

3. Lalu pilih dan buka halaman Page Rules (seperti gambar berikut)


4. Lanjutkan untuk membuat page rules baru dengan mengklik tombol Create Page Rules.


5. Kemudian konfigurasikan seperti berikut gambar berikut ini.

Keterangan:
- Kolom pertama adalah pengisian URL domain lama.
- Kolom Kedua pilih Forwarding URL
- Kolom Ketiga pilih 301 Permanent Redirect
- Kolom Terakhir adalah pengisian URL domain tujuan (baru).
6. Jika sudah selesai, silahkan klik Save and Deploy

Sampai disini kalian sudah berhasil membuat redirect 301 permanen, akan tetapi lebih baik tunggu beberapa jam hingga pengalihan benar-benar selesai.

Penutup

Jika tutorial diatas masih belum bisa kalian pahami, silahkan tanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, sebisa mungkin akan kami bantu jika tidak terhalang kesibukan diluar blogging.

Mungkin sekian dulu artikel dari Cara Membuat 301 Redirect Permanent Menggunakan Cloudflare, semoga berkah dan selalu bermanfaat.
Terimakasih
Fernand
Fernand
Hanya seorang blogger yang hobinya coding

Related Posts

Posting Komentar

Dapatkan artikel terbaru!