Cara Mengetahui Adanya Broken Link di Blog / Website

Fernn.id - Pada kesempatan kali ini admin ingin sedikit berbagi informasi menarik seputar blogging yaitu Cara Mengetahui Adanya Broken Link di Blog yang pastinya akan meringankan kegiatan kalian ngeblog di platform Blogger maupun Wordpress.

Adanya broken link pastinya akan sangat mengganggu para pengujung yang sedang membaca artikel di blog kalian. Tapi tenang saja, ada kok sob cara mudah untuk mencari broken link pada website yang tentunya harus kalian perbaiki secepat mungkin agar tidak menumpuk.

Pada umumnya link yang ada disebuah artikel pastinya akan mengarahkan ke laman lain saat di klik. Terdapat beberapa jenis link diantaranya mengalihkan ke laman yang sama, link tetap, atau ke halaman website lain.

Jika kalian seorang yang suka mengunduh dari website yang ada di pencarian google, pastinya kalian pernah klik link download lalu diarahkan ke halaman lain? Nah itulah yang disebut link aktif, namun sebaliknya apabila link tersebut mengarahkan kalian ke halaman kosong maka itulah yang disebut broken link.

Apa itu Broken Link?

Broken Link atau link mati adalah link yang tidak dapat diakses saat di klik, pada umumnya akan diarahkan ke halaman error 404. Adanya broken link jelas nantinya memberikan kesan buruk ke pengunjung dan berakibat mengurangnya jumlah visitor tetap blog kalian.

Jika hal ini berangsur lama maka jelas visitor tidak akan menyukai hal tersebut. Para pengunjung pastinya akan menyesal mengunjungi website anda karena informasi yang anda berikan tidak bisa mereka dapatkan.

Bila hal ini terjadi, bukan tidak mungkin si pengunjung akan lari mencari informasi ke blog lain. Jadi usahakan jangan sampai blog kalian terkena (link rot) atau blog yang penuh dengan broken link.

Penyebab Adanya Broken Link

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya broken link di blog, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Kesalahan dalam penulisan alamat url / link.
  • Halaman / website tujuan sudah dihapus.
  • Perubahan nama link yang kita tautkan.

Mudahnya Mencari Broken Link

Untuk memeriksa adanya broken link di blog yang kita kelola, kita bisa kunjungi situs yang menyediakan tools online analyzing broken link seperti tutorial berikut ini.

Langkah 1

Langkah 2
Lalu masukkan alamat url blog kalian, kemudian klik tombol "Find Broken Links".


Langkah 3
Lanjutkan mengisi kotak security code, lalu pilih opsi "Report All Occurrences of Each Dead Link (May be Slower)"

Langkah 4
Kemudian klik tombol "Find Broken Links Now !" dan tunggu hingga proses scanning selesai.


Setelah proses scanning selesai, maka hasilnya terlihat seperti gambar berikut ini.

Hasil Scanning Broken Link

Kalian juga bisa melihat letak dimana link tersebut bisa dihapus atau diganti supaya tidak terjadi lagi adanya broken link di blog kalian. Caranya? silahkan klik link "src" yang nantinya kalian akan diarahkan ke halaman inspect element page.

Penutup

Jika belum paham dengan yang telah kami sampaikan, anda bisa tanyakan melalui kolom komentar yang telah tersedia dibawah artikel ini. Selalu pastikan supaya pertanyaan anda sesuai dengan topik artikel agar kami balas secepatnya.

Mungkin sekian dahulu artikel dari Cara Mengetahui Adanya Broken Link di Blog, semoga bermanfaat dan
Terimakasih