Cara Termudah Menghapus Aplikasi Bawaan di Oppo dan Realme (Rooted)

Posting Komentar
Fernn.id - Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi informasi menarik seputar smartphone yaitu Cara Termudah Menghapus Aplikasi Bawaan di Oppo dan Realme yang admin yakin kebanyakan dari kalian mungkin belum mengetahuinya.

Pernah gak sih kalian merasa jengkel dengan adanya aplikasi bawaan yang ada di smartphone? Kami sendiri merasa terganggu karena aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan, membebani kapasitas internal, dan RAM (Random Access Memory).

Tapi ada jga pengguna smartphon yang mengabaikan hal ini terutama dkalangan orang tua yang mengetahui smartphone hanya sebatas komunikasi.

Tentu dengan semakin banyaknya aplikasi yang kalian pasang maka akan semakin menurun pula kinerja dari smartphone seiringnya waktu dengan berbagai faktor. Salah satu penyebab utamanya adalah karena sampah (cache aplikasi) yang menumpuk sehingga membuat penyimpanan internal membengkak.

Pengertian

Bloatware atau yang biasa disebut aplikasi default ini merupakan kumpulan aplikasi bawaan yang dipasang pada device tertentu bertujuan untuk memudahkan si pengguna dalam mengoperasikan smartphone.

Biasany aplikasi default ini dipasang oleh pihak vendor untuk kepentingan tertentu, misalnya kontrak dengan pihak developer apps, operator seluler, dan lainnya.

Lalu apakah bloatware ini bisa dihapus? tentu saja bisa dengan syarat ponsel kalian sudah berstatus ROOTED jika belum maka kalian hanya bisa menonaktifkan saja bukan menghapusnya.

Cara Menghapus Bloatware

Pada artikel kali ini kami menyediakan dua cara mudah yang dimana sering admin gunakan untuk menghapus bloatware pada smartphone Oppo dan Realme.

Sudah penasaran? yuk langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

1. Menggunakan Termux

Pastikan kalian sudah mengunduh aplikasi pendukung yaitu Termux yang bisa didapatkan di Playstore, tentu kalian bisa mendapatkannya secara gratis.
  1. Buka dan jalankan aplikasi Termux nya.
  2. Lalu masukkan perintah su agar mendapatkan akses root ponsel.
  3. Kemudian lanjutkan untuk memasukkan perintah seperti berikut ini.
    pm uninstall -k --user 0 com.heytap.browser <-- merupakan package name-->
    
    Keterangan:
    Ubah yang ditandai warna merah dengan package name aplikasi yang ingin dihapus.
  4. Selesai, disini kalian sudah berhasil menghapus Bloatware. Untuk lebih memastikan silahkan reboot ponsel masing-masing.

2. Menggunakan Titanium Backup

Pastikan juga kalian telah mengunduh aplikasinya, bisa kalian dapatkan di Playstore, atau dapat di situs-situs download aplikasi. 
  1. Buka dan jalankan aplikasi Titanium Backup nya.
  2. Aktifkan perizinan penyimpanan dan juga akses root nya agar aplikasi berjalan sesuai tutorial.
  3. Kemudian masuk ke tab Backup / Restore, cari dan klik aplikasi yang ingin dihapus.
  4. Lalu pilih menu "Uninstall"
  5. Tunggu hingga proses selesai dan reboot ponsel.
Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat screenshot yang kami sertakan dibawah ini.

Menghapus aplikasi bawaan menggunakan Titanium Backup

Penutup

Jika ada yang belum dipahami, kalian bisa menanyakan ke kolom komentar dan jangan lupa selalu memastikan agar sesuai dengan topik artikel. Pertanyaan pasti di respons secepatnya apabila tidak ada kesibukan diluar kegiatan blogging.

Mungkin sekian dahulu artikel dari Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Oppo dan Realme, semoga selalu berkah dan bermanfaat.
Terimakasih
Fernand
Fernand
Hanya seorang blogger yang hobinya coding

Related Posts

Posting Komentar

Dapatkan artikel terbaru!