Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA Beserta Pembahasannya

Posting Komentar
Pernahkah kalian merasa kesal dengan kelakuan para blogger yang suka mengambil artikel orang lain? kami sendiri pernah menjadi korbannya. Bahkan tak hanya satu atau dua artikel saja yang diambil, tapi hampir 5 artikel perhari mereka ambil tanpa konfirmasi.

Sebenarnya tak perlu konfirmasi, hanya dengan kalian memberikan link sumber saja pemilik artikel pun tentu sudah bisa mentoleransi apa yang sobat lakukan. Tapi masih saja ada yang bandel dengan mengabaikan itu semua, seolah-olah mereka sendiri yang memiliki ide.

Pencurian artikel ini sendiri sering dilakukan oleh para blogger dengan berbagai alasan, misalnya kurangnya pengetahuan di niche yang mereka geluti, tak pandai menyusun kata, blog tumbal sebagai percobaan, dan lain-lain sebagainya.

Kami sendiri pernah dikasih tahu oleh teman blogger, yang berkata jika tidak perlu dilayani karena memang sudah tradisi sekaligus kasihan jika kami laporkan ke Google DMCA atas pencurian artikel tersebut.

Jadi gimana menurut kalian, apakah perlu kita tindak adanya tradisi seperti ini? atau abaikan karena faktor kasihan? Jika ingin tetap melaporkan yuk simak artikel yang akan kami bahas tuntas berikut ini.

Pembahasan DMCA

DMCA (Digital Millenium Copyright Act) ialah hukum hak cipta yang di berlakukan Amerika Serikat sebagai produknya. Google pun sendiri tunduk akan DMCA ini sehingga menerapkannya pada platform Blogger dan juga Youtube.

Jika kalian mendapatkan email laporan terkait DMCA ini biasanya terdapat 2 kemungkinan, yaitu
  1. Mengambil artikel dari blog lain.
  2. Mengambil gambar sebagai thumbnail tanpa memberikan sumber.
  3. Mempublikasikan produk yang sudah di license.
Berikut ini adalah contoh email laporan terkait hukum hak cipta / copyright.

Contoh email pelanggaran Google DMCA

Resiko Terkena Copyright

Beberapa blogger mungkin menganggap sepele akan masalah ini, akan tetapi jika dilakukan secara berulang dan tetap mempublikasikan artikel yang telah terkena copyright maka resikonya tentu akan sangat fatal, dan contohnya seperti berikut ini.
  • Penghapusan paksa artikel oleh pihak google.
  • Tidak akan terindex google kembali.
  • Penghapusan / pemberhentian blog dan juga akunnya.
  • Pemberhentian tayang iklan Google Adsense.
Lalu apakah 4 resiko diatas akan benar-benar terjadi? Tentu saja bisa apabila tetap mengabaikan peringatan dari email laporan yang didapatkan.

Nah, jika kalian adalah seorang korban maka pikirkan terlebih dahulu sebelum melaporkan karena memang resikonya tinggi. Sebaiknya bicarakan baik-baik dan peringatkan terlebih dahulu ke pelaku mengapa tidak konfirmasi dan tidak menyertakan sumber sebelum melaporkan ke Google DMCA.

Sudah diperingatkan tapi pelaku tetap mengabaikan? berikut ini contohnya

Pelaku pencurian artikel yang bandel

Cara Melaporkan Pencurian Konten Artikel ke Google DMCA

Sudah diperingatkan baik-baik dari cara kirim pesan pribadi sampai komentar ke artikel yang berkaitan tapi masih juga diabaikan? Nih solusinya,

1. Masuk ke akun Google, dan pastikan akun tersebut yang terkait dengan blog dan Google Search Console.
2. Lanjutkan dengan pergi menuju ke halaman DMCA Copyright Removal
3. Kemudian klik dan pilih "Buat Pemberitahuan Baru"

4. Lalu isi form sesuai perintah pada gambar dibawah ini. (Jika kurang jelas, bisa di zoom)
Formulir Bagian 1

Formulir Bagian 2
Untuk formulir lainnya kami rasa tidak perlu untuk dijelaskan lagi, karena di halaman web itu sendiri sudah lebih dari cukup penjelasannya.
5. Terakhir, silahkan pilih dan klik tombol "Kirim"

Nah sampai disini tentunya sudah selesai melaporkan pencurian artikel, namun anda tetap harus menunggu paling lambat 2 hari untuk menerima balasan laporan berupa email dari pihak Google DMCA.

Penutup

Mungkin sampai sekian dulu artikel kali ini yang dapat kami berikan, jika ada salah-salah penulisan mohon di maklumi karena kami baru belajar. Semoga selalu bermanfaat dan jangan lupa untuk di share.
Terimakasih
Fernand
Fernand
Hanya seorang blogger yang hobinya coding

Related Posts

Posting Komentar

Dapatkan artikel terbaru!