Cara Membuat Halaman Under Maintenance di Blogger

Maintenance Page
Fernn.id - Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi lagi dan masih seputaran blogging, yaitu Cara Membuat Halaman Under Maintenance di Blogger yang mungkin bisa kalian manfaatkan disaat blog sedang dalam tahap perbaikan karena suatu permasalahan.

Belum paham? langsung baca saja artikel ini ya sob, agar semuanya paham dan tidak kesulitan saat membuatnya.

Pada umumnya para blogger sangatlah sedikit yang mau menggunakan halaman seperti ini, dikarenakan ada cara yang lebih mudah dilakukan dengan cara menggunakan fitur bawaan blogger yaitu membatasi akses pembaca blog, seperti gambar dibawah ini.


Hanya dengan merubah pengaturan bawaan dari Umum ke Pribadi - Khusus Pengarang Blog, tentu kalian sudah bisa membatasi aksesnya. Namun cara ini tidak menutup kemungkinan juga membuat para pengunjung menjadi bertanya-tanya apakah blog kalian telah di akuisisi atau memang karena ada masalah lain.

Jadi tidak ada salahnya jika membuat halaman seperti ini yang lebih terperinci dengan memberikan alasan kenapa website tidak bisa diakses dan memberikan tautan sosial media untuk mendapatkan info dari kalian. Hal semacam ini perlu dilakukan apabila blog yang kalian kelola sudah memiliki trafik stabil perharinya.

Apa itu Halaman Maintenance?

Halaman Maintenance ialah laman yang berisikan pesan informasional untuk menggantikan situs dan bertujuan memberikan informasi kepada pengunjung jika website sedang tidak dapat diakses dan kapan bisa diakses lagi.

Pernah melihat situs yang sedang maintenance? tentu kondisi seperti ini biasanya hanya ditemukan dibeberapa situs-situs besar yang sudah memiliki trafik stabil guna menjaga kestabilan trafik tersebut.

Cara Membuat Halaman Maintenance

Sebelum melanjutkan ke tutorial, sebaiknya di Backup terlebih dahulu template yang sedang digunakan untuk berjaga-jaga jika nantinya ada kesalahan dan tidak bisa diterapkan.


Lakukan login ke Blogger dan silahkan menuju ke pilihan menu Tema > Edit HTML , lalu cari kode <head> dan letakkan kode berikut diatasnya.
<!-- Under v1.2.1 -->
<b:if cond='data:blog.title == &quot;off&quot; and !data:view.isPreview and !data:view.isLayoutMode'>
<b:tag name='head'>
<title>Maintenance</title>
<meta content='width=device-width,initial-scale=1' name='viewport'/>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<link href='//use.fontawesome.com/releases/v5.12.1/css/all.css' rel='stylesheet'/>
<link href='//cdn.jsdelivr.net/gh/zkreations/plugins@1.0.5/dist/css/under.min.css' rel='stylesheet'/>
</b:tag>
<b:tag name='body'>
<div class='under'>
  <header class='under__content'>
    <h1 class='under__title'>Maintenance :(</h1>
    <div class='under__text'>Situs kami sedang dalam tahap perbaikan, silahkan ikuti sosial media kami untuk mendapatkan info terkini.</div>
  </header>
  <footer class='under__footer'>
    <a href='//facebook.com/' target='_blank'>
      <i class='fab fa-facebook-f'/>
    </a>
    <a href='//twitter.com/' target='_blank'>
      <i class='fab fa-twitter'/>
    </a>
    <a href='//github.com/' target='_blank'>
      <i class='fab fa-github'/>
    </a>
    <a href='//instagram.com/' target='_blank'>
      <i class='fab fa-instagram'/>
    </a>
    <a href='//youtube.com/?sub_confirmation=1' target='_blank'>
      <i class='fab fa-youtube'/>
    </a>
  </footer>
  <b:loop values='1 to 3' var='l'><div expr:class='&quot;wave wave&quot; + data:l'/></b:loop>
</div>
  </b:tag>
<b:else/>
Catatan:
  • Hapus css yang diblock jika di template anda sudah menggunakannya.
  • Ubah tulisan berwarna kuning menjadi url sosial media kalian.

Kemudian terakhir, kalian cari kode </html> dan letakkan kode berikut diatasnya.
</b:if>

Penggunaan Dasar

Semua langkah diatas tidak akan bekerja apabila kalian tidak merubah judul blog menjadi off dan untuk ganti silahkan pergi menuju ke menu Setelan > Dasar > Judul


Untuk kembali ke tampilan blog normal, ubah nama blog seperti semula.

Tenang saja sob, dalam mode maintenance ini kalian juga tetap bisa berkreasi mengedit template dalam tampilan asli (awal) dengan menggunakan fitur Pratinjau selain itu kita juga bisa menggunakan fitur desainer tema, posting, mengedit widget, dan halaman.

Selama mode maintenance ini seluruh tampilan tema asli dan bahkan javascript pun yang terpasang rapih di tema tidak akan ditampilkan sebagaimana mestinya.

Penutup

Jika ada kesulitan atau kurang paham dengan tutorial di atas, anda bisa langsung tanyakan dengan berkomentar melalui form komentar dibawah artikel ini. Dengan senang hati akan kami bantu jika tidak ada kesibukan diluar kegiatan blogging.

Mungkin sekian dulu artikel daru Cara Membuat Halaman Under Maintenance di Blogger, semoga bermanfaat bagi kalian yang hobi blogging.
Terimakasih.