Panduan Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

Menerapkan teknik SEO Friendly terbaru pada artikel / postingan di blogger yang berkualitas.
Panduan Mudah Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

Fernn.id - Artikel SEO Friendly adalah salah satu cara yang jitu untuk meningkatkan peringkat situs anda di dalam pencarian mesin telusur. Karna biasanya jika semakin tinggi peringkat suatu situs, tentu saja akan lebih mudah untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Hal inilah yang akhirnya membuat para blogger ingin membuat artikel yang SEO Friendly dan Berkualitas dengan mencari-cari panduan di Google.

Perlu anda ketahui bahwa penulisan artikel yang SEO Friendly ini sangatlah berbeda teknik dari penulisan karya ilmiah, hal ini dikarenakan si penulis diharuskan mengikuti perkembangan algoritma mesin telusur itu sendiri. Jadi buat anda yang merasa masih awam dan perlu banyak pengetahuan mengenai ilmu SEO, yuk langsung aja simak panduannya pada artikel ini.

Sebelum melanjutkan, pastikan anda sudah paham cara menggunakannya dari setiap poin yang akan saya bagikan. Karena artikel ini akan membahas inti dan sedikit penjelasannya saja.

Panduan Menulis Artikel yang SEO Friendly

Ada beberapa point penting yang harus anda ketahui dan terapkan dalam penulisan artikel supaya nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, dan berikut ini sudah saya bagi menjadi 2 tipe penulisan artikel yang baik dan benar menurut algorithma SEO Friendly Google diantaranya adalah

Tips Pembuatan Artikel

Agar artikel mudah dirayapi mesin telusur dan mudah dipahami pembaca berikut ini ada beberapa tips yang mungkin akan membantu anda dalam menulis artikel.

  1. Riset Keyword

    Hal penting pertama yang harus anda lakukan adalah riset kata kunci, yaitu salah satu tips ampuh untuk melihat kata kunci yang banyak digunakan terkait topik artikel yang akan anda tulis nantinya.
  2. Pahami Artikelnya

    Hal yang tak kalah penting adalah memahami artikelnya, dimana anda harus bisa menentukan bagaimana struktur konten jika telah dipublikasikan seperti mencari sumber tulisan, penulisan judul, dan lain-lain.

    Hal ini bertujuan agar pembahasan artikel tidak melebar kemana-mana dan ramah terhadap pembaca. Terkait teknik seperti ini bisa anda pelajari, contohnya bucked brigade copywriting atau piramida terbalik.
  3. Mencari Sumber Tulisan yang Tepat

    Jika anda belum bisa membuat artikel original silahkan gunakan teknik copywriting. Namun sebelum menggunakan teknik ini, pastikan dulu sumber tulisannya jelas dan anda kuasai.

    Jangan pernah memaksakan membuat artikel yang belum anda kuasai, karena hal ini akan mengakibatkan konten tidak maksimal dan sulit dipahami oleh para pembaca.
  4. Membuat Judul Artikel yang Menarik

    Selain memasukkan kata kunci, judul pun juga harus menarik karena ini akan mempengaruhi CTR (Click Trought Rate), judul yang clickable secara tidak langsung berpengaruh di performa SEO artikel anda.
  5. Lolos Plagiarsm Checker

    Seringkali faktor ini menjadi salah satu penyebab artikel susah mencapai peringkat teratas. Perlu diketahui bahwa hal ini adalah salah satu yang tidak kalah penting dan menjadi indikator dasar adalah harus lolos plagiarsm.

    Google selalu menyukai konten yang unik, dan original. Oleh karena itulah mengapa artikel yang anda buat nantinya harus lolos plagiarsm checker. Rekomendasi Tools: Copyscape

Tips Mengatur Struktur Konten

Untuk membuat artikel yang SEO Friendly, sangatlah dibutuhkan tingkat kejelasan pada artikel. Selain agar mempermudah mesin telusur merayapi blog, tetapi juga agar pembaca mudah memahami isi artikel yang sudah anda buat.

  1. Menyisipkan Kata Kunci (Keyword)

    Buat dan sisipkanlah kata kunci didalam artikel terutama awal paragraf dan akhir paragraf. Hal ini berguna agar mesin telusur mudah dalam menentukan topik artikel.
  2. Menambahkan Sub Heading

    Bisa dikatakan subheading ini wajib ada pada setiap artikel untuk mengkategorikan isi artikel. Jadi biasakan buatlah subheading pada artikel anda agar pembaca pun mudah mengerti apa yang sudah anda tulis.

    Contohnya di artikel ini, saya mengkategorikan setiap jenis isi kontennya. Hal ini bertujuan agar anda selaku pembaca lebih dimudahkan memahami apa yang saya bagikan.
  3. Gunakan tag P di Postingan

    Pastikan artikel terbaru anda saat ini selalu menggunakan tag <p> sebagai pengganti tag <br /> yang sebelumnya selalu digunakan untuk membuat paragraf / alinea baru.

    Terlihat seperti perubahan kecil, namun hal ini juga berpengaruh pada SEO artikel, selebihnya hanya membuat artikel terlihat lebih rapih. Cara ini sudah banyak digunakan oleh situs-situs besar dan Google pun lebih menyarankan agar menggunakan tag <p> mulai sekarang.
  4. Internal Links

    Sebenarnya sih hal ini tidak termasuk kedalam teknik SEO Friendly, namun dengan membuat Internal Links ke dalam artikel yang anda buat tentunya akan membantu artikel lain terindex oleh mesin telusur.

    Contohnya seperti situs dokumentasi hiperteks yaitu Wikipedia.com yang selalu menerapkan Internal Links kedalam artikelnya.
  5. Menambahkan Meta Deskripsi

    Perhatikan selalu pada Meta Deskripsi karena inilah yang akan mewakili keseluruhan isi dari artikel dihalaman pencarian mesin telusur. Makin menarik meta deskripsi yang anda buat maka semakin besar pula potensi artikel anda akan dibaca.

    Menurut yang saya ketahui, idealnya penulisan meta deskripsi ialah tak lebih dari 155 karakter dan tidak kurang dari 121 karakter.

Kesimpulan

Sebenarnya point penting terkait SEO itu banyak, tapi yang paling utama adalah isi kontennya itu sendiri. Bagaimanapun dan apapun itu tekniknya jika isi dari konten tidak banyak disukai pembaca, ya tetap sama saja semuanya akan sia-sia.

Tapi jika anda bisa mengimbangi isi pada konten dan menguasai ilmu SEO sudah bisa dipastikan artikel anda akan selalu nangkring di peringkat teratas pada hasil pencarian mesin telusur.

Mungkin sekian dahulu artikel dari Panduan Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas, semoga banyak membantu dan menambah wawasan anda.
Terimakasih