8 Cara Jitu Meningkatkan CPC Google Adsense

Tips Jitu Meningkatkan CPC Adsense Blog 2021
Fernn.id - Untuk seorang Blogger, Adsense adalah salah satu probabilitas untuk memperoleh uang di internet. Tetapi sayangnya, beberapa dari mereka merasa CPC iklan terlalu kecil , tak pelik apabila banyak yang hendak ingin mengetahui cara meningkatkan CPC Adsense untuk mengoptimalkan pendapatan blog untuk setiap individu.

Pada dasarnya nilai klik iklan ditentukan berdasarkan beberapa perihal, di antaranya niche ataupun topik, kulitas konten, hingga format iklan yang ditampilkan.

Jadi, seharusnya pahami terlebih dahulu konten yang terdapat di blog anda, kemudian silahkan baca pembahasan tentang cara meningkatkan penghasilan Adsense blog berikut. Paling tidak ada 8 strategi sederhana yang bisa Anda terapkan.

Cara Meningkatkan CPC Adsense Blog

Sebelum masuk ke cara meningkatkan CPC Adsense, mari bahas sedikit tentang apa itu CPC atau BPK (dalam bahasa Indonesia) supaya ulasannya bisa dipahami dan diimplementasikan dengan mudah.

CPC adalah singkatan dari Cost Per Click atau pengertian singkatnya besaran harga suatu iklan yang diklik oleh pengunjung. Pengaruh CPC terhadap penghasilan blog memang sangat jelas, namun untuk menerapkannya bukan perkara mudah.

Tapi apakah hanya CPC saja yang bisa meningkatkan penghasilan blog? Bisa iya, bisa tidak, tergantung tujuan dari pemilik blog. Kalau dia menargetkan niche dengan CPC rendah, berarti RKT (Rasio Klik Tayang) harus tinggi.

Untuk pembahasan cara meningkatkan RKT blog mungkin bisa dijelaskan di lain waktu. Sekarang mari kembali ke topik utama, cara meningkatkan penghasilan blog dengan menaruh fokus pada CPC atau BPK (Biaya Per Klik).

Niche atau Topik

Niche adalah pembahasan dari artikel yang Anda buat. Ini bisa dibilang cara meningkatkan CPC Adsense yang paling utama. Niche yang tepat akan membuat penghasilan blog lebih baik. Di samping itu, sebaiknya blog Anda berisi satu niche saja, jangan buat blog gado.

Lalu, apa saja niche blog CPC tinggi? Beberapa di antaranya adalah bisnis, keuangan, otomotif, kesehatan, dan asuransi. Selain itu ada juga micro niche yang memiliki nilai klik iklan cukup besar, misalnya tekno (review hp), fintech, dan analisis data.

Tapi khusus untuk niche kesehatan, jangan pilih niche tersebut karena peringkat di mesin pencarian akan kalah dengan situs yang lebih kredibel. Kecuali kalau Anda benar-benar serius ingin membuat blog kesehatan dengan menggandeng dokter ahli.

Keyword yang Ber-CPC

Setelah menentukan niche, selanjutnya cari atau riset keyword yang punya nilai untuk kemudian dibuat artikelnya. Bagaimana cara mengetahui CPC keyword? Anda bisa menggunakan extension Keyword Surfer yang ada di Chrome.

Dengan memilih keyword yang ber-CPC maka akan lebih mudah untuk meningkatkan CPC Adsense blog. Namun, kalau blog Anda masih baru, sebaiknya pilih juga keyword dengan persaingan rendah.

Selain itu, jangan hanya terpaku pada keyword utama saja, selipkan juga keyword turunan di dalam artikel guna meningkatkan peluang tampil di halaman depan Google.

QOQ (Quality Over Quantity)

Prinsip yang selalu saya pegang adalah QOQ atau quality over quantity. Kualitas konten harus lebih diutamakan dibanding jumlah konten. Karena akan percuma kalau konten banyak tapi dibuat asal-asalan, dampaknya SERP akan terjun bebas, CPC juga pasti rendah.

Dengan begitu, sebaiknya sebelum menulis artikel lakukan optimasi yang maksimal. Jangan asal tulis terus posting, lebih baik konten sedikit tapi berkualitas.

Mengingat persaingan di mesin pencarian semakin berat, kita juga harus pintar-pintar mencari cara agar penghasilan blog meningkat.

Jumlah dan Penempatan Iklan

Jumlah iklan yang berlebihan berpotensi meningkatnya persentase CTR, tapi juga menjadi penyebab menurunnya nilai CPC. Untuk itu kalau Anda ingin cara meningkatkan CPC Adsense ini berhasil, pasang iklan di tempat yang strategis saja, maksimal 5 iklan.

Pasang 1 iklan di atas artikel, 1 iklan di header, 2 iklan di tengah artikel, dan 1 iklan di sidebar. Kemudian aktifkan iklan otomatis jenis vignette, anchor, dan matched content (kalau ada).

Selain itu, jumlah iklan yang terlalu banyak tak jarang menyebabkan tampilan iklan dibatasi. Bahkan dalam beberapa kasus terjadi banned pada akun Adsense.

Blokir Iklan CPC Rendah

Dengan memblokir iklan CPC rendah, besar kemungkinan CPC Adsense akan naik dan penghasilan meningkat. Memang belum ada yang tahu berapa nilai CPC yang untuk iklan yang tampil, namun ada beberapa kategori iklan dengan CPC rendah.

Sebagai contoh, iklan yang tidak relevan dengan pembahasan artikel Anda. Misalnya, isi artikel Anda membahas tentang bisnis, tapi yang tampil iklan politik atau agama.

Selain itu, iklan yang berhubungan dengan obat kuat, jamu, judi, dan masalah seksualitas lainnya sudah pasti CPC-nya kecil. Apalagi iklan yang bersumber dari situs dengan domain gratisan seperti blogspot.com, kalau ketemu jenis iklan tersebut sebaiknya diblokir.

Lakukan Eksperimen

Mungkin tak banyak yang tahu kalau Google Adsense selalu memberikan peluang untuk meningkatkan penghasilan bagi publisher. Anda bisa menemukan peluang ini di tab notifikasi, ikuti saja arahan yang diberikan.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi tab Eksperimen untuk bereksperimen dengan pilihan iklan yang ada. Meskipun cara meningkatkan CPC blog yang satu ini kurang populer, namun dari pengalaman, ini cukup ampuh meningkatkan CPC hingga 20%.

Jangan Bongkar Pasang Kode Iklan

Selain hal-hal teknis di atas, membongkar pasang kode iklan dan mengganti posisinya juga berpengaruh pada nilai CPC atau RKT. Sebaiknya saat pertama diterima Adsense, tempatkan iklan di posisi yang strategis, seperti tengah artikel, atas artikel, dan sidebar.

Setelah itu biarkan sistem bekerja. Biasanya dalam beberapa bulan pertama CPC Adsense akan rendah, namun perlahan akan naik seiring meningkatnya kualitas konten.

Jika dalam beberapa bulan cara meningkatkan CPC Adsense blog ini tidak berhasil juga, bisa jadi penyebabnya ada di poin pertama, niche Anda ber-CPC rendah. Kalau seperti ini, sebaiknya Anda fokus untuk meningkatkan CTR.

Buat Blog Bule

Blog bule atau Inggris menutup ulasan tentang cara meningkatkan penghasilan Adsense blog pada artikel ini. Yaps, dibandingkan nilai CPC Adsense Indonesia, blog bule memiliki CPC yang lebih besar, bahkan bisa menyentuh angka Rp50 ribu per klik.

Tapi, untuk membuat blog bule tentunya tidak bisa sembarangan. Diperlukan pengetahuan bahasa Inggris yang baik, paling tidak memahami grammar. Sampai saat ini negara CPC Adsense tertinggi adalah Australia.

Anda bisa menarget keyword dari negara tersebut dengan memanfaatkan tools gratisan seperti Ubersuggest. Tapi kalau ingin yang berbayar, Anda bisa mencoba Moz.

Kesimpulan

Perlu diingat, ulasan di atas dibuat berdasarkan pengalaman penulis, jadi tidak menutup kemungkinan ada perbedaan dengan orang lain atau cara yang disarankan Google. Tetapi, pada intinya sama saja, yakni membuat nilai klik iklan menjadi tinggi.

Kesimpulannya, besaran BPK atau CPC tak lepas dari konten. Jadi jangan harap penghasilan bisa meningkat kalau konten dan pengunjung blog masih sedikit. Demikian beberapa cara meningkatkan CPC Adsense blog yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

SUPPORT US Dukung admin untuk terus berkarya dan selalu membagikan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.
[Menyalin] kode AMP