Mengenal Tentang Apa Itu Web Hosting dan Jenisnya

Fernn.id - Mungkin diantara sobat semua ada yang sudah bosan menumpang hosting di blogger? Sobat bisa memilih hosting dengan spesifikasi yang berbeda-beda tentunya sesuai dengan kebutuhan. Nah oleh karena itu admin ingin memberikan informasi agar sobat bisa Mengenal Apa Itu Web Hosting dan Jenisnya supaya tidak terjadi salah dalam memilih hosting yang cocok dengan situs anda nantinya.

Pada umumnya hosting yang diberikan blogger secara gratis tidak bisa digunakan secara maksimal, ada ketentuan yang blogger terapkan untuk hosting gratisnya agar memiliki tingkat privasi dan keamanan yang tinggi. Karena inilah para blogger tidak bisa menggunakan hostingnya secara bebas, tidak seperti hosting berbayar yang bisa anda kelola secara penuh.

Namun tenang saja sob, bukan berarti hosting berbayar lalu keamanannya rendah, karena setiap tahun para registar selalu update keamanan agar tidak mudah diretas oleh orang-orang yang jahil dan tidak bertanggung jawab. Jadi jangan khawatir jika saat ini ingin migrasikan situs anda ke hosting milik pribadi, tentu karena keuntungan yang akan didapatkan jauh lebih banyak daripada menggunakan hosting gratis yang menumpang.

Sebelum melanjutkan ke bagian jenis hosting, ada baiknya anda mengenal tentang apa itu hosting terlebih dahulu agar nantinya lebih mudah memahami setiap jenis hosting dan perbedaanya.

Apa itu Hosting?

Hosting atau Web Hosting adalah sebuah tempat dimana file dan data yang diperlukan sebuah situs akan tersimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File yang disimpan pun bisa beragam diantaranya seperti video, gambar, email, script, aplikasi, dan juga database.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa hosting ini berguna sebagai rumahnya atau server dari sebuah website yang dapat kita kelola sepenuhnya menggunakan koneksi internet.

Jenis Hosting

Terdapat beberapa jenis hosting yang perlu anda ketahui agar tidak salah dalam memilih dan pastinya agar sesuai kebutuhan situs. Jenis hosting akan admin urutkan sesuai tingkat kesulitan pengelolahan, diantaranya seperti berikut ini,

Wordpress Hosting

Hosting ini merupakan bentuk lain dari shared hosting (hosting bersama) yang mana ditujukan untuk pengguna Wordpress, servernya sendiri pun sudah dikonfigurasikan secara khusus yang mana anda akan mendapatkan pre-installed plugin terhadap hal-hal penting seperti caching dan keamanan yang nantinya akan memudahkan untuk mengelola dan memaksimalkan kinerja situs.

Karena konfigurasi yang dikhususkan ini, tentunya server akan sangat optimal sehingga situs anda akan lebih cepat ketika dimuat dan terhindar dari berbagai masalah yang ada pada umumnya.

Shared Hosting

Shared Hosting merupakan tipe web hosting yang paling banyak digunakan oleh para blogger. Paket ini menjadi pilihan yang tepat untuk blog atau situs dalam skala kecil yang mana lebih mudah dalam mengoperasikannya.

Jika anda masih pemula dan ingin belajar mengenai hosting, sangat admin sarankan untuk memilih paket web hosting ini dikarenakan mudah, lebih murah, dan pastinya akan sesuai dengan situs anda jika masih dalam skala kecil.

Cloud Hosting

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini Cloud Hosting merupakan salah satu paket web hosting yang paling banyak dipilih dipasaran karena literally tanpa adanya downtime. Dengan anda menggunakan Cloud Hosting, anda dapat menggunakan sekelompok server dalam satu hosting yang akan bergantian bekerja untuk mencegah adanya downtime.

File dan resource direplikasi disetiap server, jadi ketika salah satu server cloud sibuk atau bermasalah maka server lain dapat menggantikannya dan secara otomatis trafik situs juga akan dialihkan ke server lain dalam satu cluster yang sama. Pada umumnya untuk menyewa hosting ini terbilang cukup mahal namun dari segi fitur dan performa tentunya semua harga akan terbayarkan.

VPS Hosting

Dengan menggunakan VPS (Virtual Private Server) hosting, anda masih bisa berbagi server dengan pengguna lain akan tetapi penyedia web hosting telah mengalokasikan beberapa bagian untuk anda sendiri diserver. Hal ini bisa diartikan bahwa anda akan mendapatkan space server yang dedicated dan memperoleh sejumlah power computing dan memory.

Selain itu, VPS Hosting ini tentunya paling tepat anda pilih jika memiliki situs skala besar atau situs yang memiliki trafik tinggi.

Dedicated Hosting

Dengan adanya Dedicated Hosting ini anda bisa memiliki server fisik sendiri yang secara khusus didedikasikan hanya untuk situs anda. Oleh karena itulah mengapa penggunaan dedicated hosting ini sangatlah fleksibel.

Sobat bisa mengkonfigurasikan sistem operasi dan software yang ingin digunakan, beserta setup dari keseluruhan aspek hosting yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya. Selain memiliki server sendiri, dedicated server ini juga akan mendapatkan customer support yang handal dibidangnya.

Kesimpulan

Nah itulah dia pengertian beserta jenis-jenis web hosting yang saya ketahui. Jika anda perlu pindah atau migrasi ke hosting sebaiknya sering-sering membaca artikel seputaran hosting agar tepat sesuai kebutuhan website sobat masing-masing.

Mungkin sampai sekian dahulu artikel dari Mengenal Tentang Apa Itu Web Hosting dan Jenisnya, jika ada salah dalam penulisan atau sekedar bertanya silahkan tulis dikolom komentar. Sebisa mungkin akan saya balas jika tidak ada kesibukan diluar kegiatan blogging ini.
Terimakasih

SUPPORT US Dukung admin untuk terus berkarya dan selalu membagikan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.
[Menyalin] kode AMP