Cara Menonaktifkan Iklan Anchor Google Adsense di Tepi Halaman Situs

Terganggu dengan adanya Iklan Anchor yang muncul di setiap sisi tepi halaman situs dan mengakibatkan turunnya trafik?
Cara Menonaktifkan Iklan Anchor Google Adsense yang muncul disetiap sisi tepi halaman situs

Fernn.id - Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi pengalaman dan sedikit keluh kesahnya menggunakan fitur iklan otomatis Google Adsense. Seperti pada judul yaitu Cara Menonaktifkan Iklan Anchor Google Adsense di Tepi Halaman Situs yang menurut saya sangat menggangu ketika kita mengaktifkan fitur ini dan mengakses situs menggunakan ponsel atau mobile view.

Kenapa begitu? seperti yang kita ketahui bahwa resolusi ponsel itu sangatlah kecil, paling besar yaitu 6.8 inchi. Lalu jika kita mengaktifkan fitur iklan otomatis maka iklan anchor tentu saja muncul di setiap tepi sisi halaman website yang dapat menutupi hampir keseluruhan konten. Selain kurang nyaman bagi pengunjung atau pembaca, kita sebagai pemilik website juga akan menerima dampak negatifnya.

Jika sobat sering googling atau mengunjungi situs besar seputar tutorial, dan lain-lain yang serupa, pasti anda tidak akan menemukan iklan yang mengganggu konten mereka. Hal ini karena konten dan visitor lah yang mereka utamakan daripada pendapatan, sehingga para pengunjung ataupun pembaca dapat menikmati konten dan bisa mudah memahami apa yang sudah mereka bagikan.

Selain memudahkan pengunjung, namun cara ini juga dapat anda terapkan untuk mengurangi adanya invalid click. Saya sendiri merasakan sebagian besar invalid click terjadi karena adanya iklan otomatis yang samar-samar sehingga mirip dengan konten. Pengunjung yang awam tentu saja pernah klik iklan lalu menutup tab iklan tersebut karena faktor ketidaktahuan yang sebenarnya juga berdampak buruk bagi para publisher seperti kita.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, baiknya sobat ikuti Cara Menonaktifkan Iklan Anchor Google Adsense di Tepi Halaman Situs yang mana akan membantu banyak bagi pengunjung ataupun anda sebagai publishernya.

Pembahasan

Iklan Anchor adalah iklan otomatis yang akan muncul pada sisi tepi halaman jika anda mengakses situs pada selular atau mobile view. Iklan ini berjenis overlay dan dapat muncul dibagian atas ataupun bawah secara menempel pada bagian halaman situs.

Jika iklan otomatis (Auto Ads) diaktifkan, maka sobat juga dapat mengaktifkan Iklan Anchor ini. Adsense menampilkan iklan anchor ini di waktu yang optimal sehingga dapat megoptimalkan pendapatan anda, namun dengan beberapa resiko yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Cara Menonaktifkan Iklan Anchor

Sobat bisa menonaktifkan Iklan Anchor apabila tidak cocok dari segi niche situs ataupun kemauan anda sendiri dengan cara seperti berikut ini.

  1. Login ke akun Adsense
  2. Klik pada menu Iklan Ringkasan
  3. Pada halaman ringkasan, anda akan menemukan tabel-tabel situs yang anda hubungkan pada Google Adsense. Lalu klik Edit seperti pada gambar dibawah ini.
    cara mudah menonaktifkan iklan anchor 1

  4. Pada pratinjau setelan iklan, silahkan nonaktifkan jenis Iklan Anchor seperti contoh pada gambar dibawah ini.
    cara mudah menonaktifkan iklan anchor 2

  5. Kemudian klik tombol Terapkan ke Situs.
  6. Selesai.

Setelah melakukan perubahan seperti diatas, sobat diharuskan menunggu kurang lebih 5 menit agar dapat diterapkan pada situs anda masing-masing.

Kami pastikan bahwa tutorial diatas aman dan tidak melanggar kebijakan dari program Google Adsense.

Sumber: Pusat Bantuan Google

Kesimpulan

Perubahan atau tutorial diatas memiliki dampak negatif dan positif, namun kembali lagi kepada sobat bagaimana untuk menyikapinya. Saya menyikapi hal ini sebagai hal yang bermanfaat dan perlu diterapkan karena kepentingan pengunjung ataupun pembaca bukan serta-merta mementingkan kepuasan pribadi.

Mungkin sekian dulu artikel dari Cara Menonaktifkan Iklan Anchor Google Adsense di Tepi Halaman Situs. Jika ada kendala seperti kurang paham dengan apa yang sudah saya jelaskan, bisa langsung tanya dengan cara berkomentar ataupun kontak secara pribadi. Semoga bermanfaat dan
Terimakasih