Ketahui Dahulu Sebelum Membuat Blog!


Fernn.id - Hai sob, apakah kalian baru ingin memulai membuat blog? Admin ada sedikit pengalaman nih yang mungkin bisa sobat Ketahui Dahulu Sebelum Membuat Blog agar nantinya tidak kecewa dengan salah satu kegiatan bermanfaat ini. 

Kenapa saya bilang bermanfaat? Blogging merupakan salah satu wadah dimana kalian bisa berbagi ilmu, ataupun pengalaman kepada para pengunjung atau pembaca blog kalian. Banyak sekali yang blogger yang kecewa dengan kegiatan blogging ini, rata-rata mereka mengeluhkan hasil yang tidak sepadan dengan apa yang sudah mereka kerjakan.

Penting sekali kalian ketahui, dan mungkin sudah pernah saya sampaikan dipostingan sebelumnya bahwa blogging ini tidak bisa kalian gunakan sebagai pekerjaan utama. Selain membutuhkan waktu banyak, penghasilan yang akan kalian dapatkan tidak seberapa jika dibandingkan dengan waktu, ilmu, atau pengalaman yang kalian bagikan.

Jadi untuk kalian yang ingin memulai blogging semata karena iming-iming teman yang mengatakan penghasilan dari blogging ini menjanjikan, sebaiknya tinggalkan! Semua tidak ada yang instan, kalian butuh usaha dan kerja keras untuk mendapatkan apa yang kalian inginkan. Jangan pernah memaksakan kegiatan apapun jika kalian sendiri merasa bukan dibidangnya dan tidak menyukainya.

Berikut ini adalah beberapa yang harus sobat Ketahui Dahulu Sebelum Membuat Blog, diantaranya

Memakan Banyak Waktu

Sebelum memulai membuat blog, sebaiknya tanyakan pada diri kalian sendiri apa tujuan dan motivasi ingin memulai kegiatan blogging. Jika tujuan kalian hanyalah menghasilkan banyak uang dari blogging maka bisa saya katakan maaf, karena blogging bukanlah salah satu pekerjaan yang menjanjikan.

Namun jika kalian bertujuan untuk mengekspresikan diri, berbagi ilmu atau pengetahuan dalam bentuk tulisan sebaiknya lanjutkan. Karena blogger saat ini kebanyakan hanya memikirkan penghasilannya saja yang akhirnya hanya membuat mereka kecewa belakangan dan memutuskan untuk meninggalkan blog mereka begitu saja.

Dibutuhkan banyak waktu dan kerja keras untuk menumbuhkan audiens (pembaca setia). Tentu akan sangat mengecewakan jika banyak waktu yang kita luangkan namun tidak ada pengunjung ataupun pembaca. Tapi inilah kenyataannya, kalian tidak bisa mengharapkan lebih atas kerja keras kalian itu hanya dalam satu waktu, setidaknya kalian harus konsisten dan jangan memikirkan penghasilan terlebih dahulu.

Ngeblog Tidak Gratis!

Pada dasarnya semua platform blogger tidaklah gratis, entah itu Worpdress, Blogger, Medium, dan Tumblr. Bisa sepenuhnya gratis, namun ada batasan dalam memonitor atau mengkontrol blog sehingga tidak memungkinkan kalian bebas berekspresi didunia blogging.

Contoh kebutuhan blogging yang rata-rata membutuhkan uang yaitu Domain, Hosting, Theme, Plugin, dan lain-lain yang berkaitan. Jika kalian membutuhkan situs dengan server milik sendiri ada baiknya untuk memilih VPS atau setidaknya hosting agar blog dapat dikelola sepenuhnya dari kalian. Saya ada beberapa Tips Dalam Memilih Hosting Untuk Pemula, bisa kalian coba saran tersebut.

Mungkin kalian akan lebih banyak mengeluarkan biaya untuk pertama kali memulai kegiatan blogging ini. Rata-rata program yang para blogger lakukan untuk meningkatkan kualitas blog biasanya adalah

  • Kustomisasi Desain
  • Iklan, Promosi Pemasaran
  • Upgrade Web Hosting
  • Mempekerjakan Penulis Lain
  • dan Lain-lain.

Mulai Tentukan Niche Blog

Sangat penting untuk menentukan niche blog untuk bagaimana kelanjutan blog anda kedepannya, niche yang jelas tentu akan disukai pengunjung ataupun pembaca. Kalian harus memikirkan bagaimana cara blog agar menonjol dan dapat banyak kunjugan dan yang paling penting untuk memilih niche yang sesuai dengan bidang yang kalian kuasai.

Buat blog yang tertarget yaitu dengan menentukan niche, blog yang baik jelas akan menghasilkan topik yang bagus pula. Bidang yang kalian kuasai tersebut nantinya akan membantu para pembaca disaat mereka kesulitan memahami konten blog, atau ingin menanyakan perihal konten yang kalian tulis.

Pentingnya Bersosialisasi

Tidak cukup hanya dengan menulis dan membuat konten, tapi kalian diharuskan juga sering-sering bersosialisasi, entah itu dari komunitas maupun ke pembaca / pengunjung. Terlebih lagi jika blog kalian terbilang masih baru, coba bayangkan bagaimana mesin pencari dapat merayapi situs kalian? Tentu dengan besosialisasi, semuanya dapat diatasi.

Sosialisasi yang baik tentunya dapat berpengaruh kepada kualitas blog, karena bantuan sesama blogger, ataupun sering promosi konten ke sosial media tentunya akan membuat blog kalian ramai dikunjungi.

Pelajari Search Engine Optimization

Belajar untuk memahami Search Engine Optimization (SEO) memanglah sulit, selain karena algorithma google sering berubah, SEO juga memiliki banyak poin penting yang harus kalian ketahui dan terapkan disetiap artikel yang akan dipublikasikan.

Jika ingin lebih mudah memahami apa itu SEO? silahkan bisa kalian lihat artikel saya di Panduan Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas. karena disitu sudah saya jelaskan secara detail pemahaman SEO yang baik.

Pelajari Tentang Hak Cipta (Copyright)

Bagaimana dan apa yang akan kalian lakukan jika artikel yang sudah kalian buat susah payah lalu dicopas oleh blog lain? Dari sinilah kalian harus bisa melindungi konten kalian sendiri termasuk gambar yang sudah kalian desain sedemikian rupa.

Terdapat banyak sekali cara menjadi copaser, entah itu AGC, ataupun mengandalkan feed. Jadi saya sarankan untuk sering-sering searching dan mencari tahu bagaimana cara mengatasinya sendiri tanpa harus menggunakan bantuan orang lain.

Desain Baik Merupakan Suatu Keharusan

Penting harus kalian ketahui, desain blog juga dapat mempengaruhi minat baca pengunjung. Desain yang buruk tentunya akan memberikan kesan pertama yang menghancurkan minat membaca, jadi pastikan desain blog jelas dapat dinavigasi pengunjung dengan mudah.

Kebanyakan pengunjung ataupun pembaca lebih menyukai blog simpel namun kaya akan pengetahuan, jikalau bisa buatlah blog kalian semenarik mungkin tanpa harus membuang laman penting pada blog seperti Sitemap, Privacy Policy, Contact, dan Terms of Service.

Kesimpulannya, pastikan sebelum kalian ingin membuat blog sudah memikirkannya matang-matang. Karena blogging bukanlah suatu kegiatan yang dapat kalian gunakan sebagai pekerjaan utama apalagi jika kalian mengharapakannya secara instan. Sangat mustahil sob untuk mendapatkan hasil yang maksimal hanya dengan beberapa waktu saja.

Mungkin sekian dulu artikel dari Ketahui Dahulu Sebelum Membuat Blog, jika ada pertanyaan atau mungkin ada tambahan poin lagi, silahkan berikan komentar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian yang akan memulai blogging.
Terimakasih

SUPPORT US Dukung admin untuk terus berkarya dan selalu membagikan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.
[Menyalin] kode AMP