Cara Menampilkan Jumlah Komentar Disqus di Blog

Cara untuk menampilkan jumlah komentar disqus di blog yang menggunakan theme atau template AMP (Accelerate Mobile Page).
Cara Menampilkan Jumlah Komentar Disqus di Blog AMP

Seperti yang sudah kalian ketahui, bahwa disqus ini sangatlah cocok sekali untuk tempate berkomentar selain itu juga responsive dan mudah di integrasikan dengan berbagai platform apapun.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa masih ada banyak kekurangan yang dapat kita temukan salah satunya pada situs-situs yang menggunakan AMP (Accelerate Mobile Pages). Sedangkan kekurangannya sendiri terdapat pada jumlah komentar pengunjung yang tidak muncul, berbeda dengan situs Non AMP yang dapat diakali dengan menggunakan javascript atau jquery.

Tetapi tenang saja sob, karena saat ini anda sudah bisa menampilkan jumlah komentar disqus sekalipun situs kalian menggunakan AMP (Accelerate Mobile Pages). Sebelumnya saya sendiri juga sempat rasa bimbang ingin menggunakan disqus karena kekurangannya tersebut, namun setelah blog Malestea.com memberikan solusi dengan menggunakan json sebagai alternatifnya.

Bagi anda yang menggunakan theme atau template AMP (Accelerate Mobile Pages) dan penasaran juga bagaimana cara menginstgrasikannya dengan disqus namun tanpa bug, kalian bisa ikuti tutorial yang akan dijelaskan dibawah ini.

Cara Menampilkan Jumlah Komentar Disqus

Jika kalian menggunakan theme atau template AMP, maka kalian akan membutuhkan bantuan dari json sedangkan untuk memanggilnya kita memerlukan bantuan amp-list dan amp-mustache. Dengan adanya bantuan tersebut, bisa dipastikan script ini bisa menampilkan jumlah komentar sesuai judul artikel atau postingan di blog kalian masing-masing.

Berikut ini cara pemasangannya agar jumlah komentar disqus dapat muncul jika kalian menggunakan theme atau template AMP (Accelerate Mobile Pages)

  1. Masuk ke dashboard Blogger.com terlebih dahulu.
  2. Lalu silahkan pilih menu Theme ⇀ Edit HTML
  3. Selanjutnya kalian bisa tambahkan kode berikut ini diatas kode </head>
    <script async='async' custom-element='amp-list' src='https://cdn.ampproject.org/v0/amp-list-0.1.js'/>
    <script async='async' custom-template='amp-mustache' src='https://cdn.ampproject.org/v0/amp-mustache-0.2.js'/>
  4. Kemudian tambahkan juga kode berikut ini sesuai keinginan kalian masing-masing.
    <div class='comment-disqus'>
       <a expr:href='data:post.url + &quot;#disqus_thread&quot;' expr:title='data:messages.comments'>
          <amp-list expr:src='&quot;//shortname.disqus.com/count-data.json?url=&quot;+data:post.url' height='20' layout='fixed-height' width='auto'>
             <template type='amp-mustache'>
                <span>{{comments}} comments</span>
             </template>
          </amp-list>
       </a>
    </div>

    Perhatikan
    Pada bagian yang saya tandai, silahkan kalian ubah sesuai shortname disqus kalian masing-masing.

  5. Terakhir bisa kalian klik Simpan Tema untuk menerapkan perubahan yang tadi sudah dilakukan.

Penutup

Perlu diketahui, bahwa kode script diatas akan menyesuaikan dengan sendirinya dengan setiap url yang ada pada postingan blog kalian. Jadi kalian tidak perlu bersusah payah membuatnya secara manual satu persatu didalam script. Jika ada pertanyaan atau masih bingung dengan tutorial diatas, bisa langsung di tanyakan melalui kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini atau langsung ke sumbernya atau pemilik artikel ini yaitu MalesTea.

Mungkin sampai sekian dulu artikel dari Cara Menampilkan Jumlah Komentar Disqus di Blog yang bisa saya berikan kali ini. Jika ada salah kata maupun penulisan saya harap kalian tetap bisa memahami dan semoga selalu bermanfaat.
Terimakasih

Source: https://www.malestea.com/2021/01/jumlah-komentar-disqus.html