Cara Pointing Domain Cloudflare ke Blogspot

Cara Mengarahkan Domain Clouflare ke Blogspot

Fernn.id - Pada postingan kali ini saya ingin sedikit membagikan tutorial bagaimana Cara Pointing Domain Cloudflare ke Blogspot dengan mudah dan tentunya bisa kalian terapkan sendiri meskipun tanpa adanya bantuan dari penjual domain.

Tutorial ini saya bagikan karena masih banyak para blogger yang bertanya bagaimana menggunakan domain TLd di blogspot. Padahal jika kalian search saja di google dengan keyword pointing domain pasti akan banyak sekali referensi yang bisa kalian dapatkan disana.

Namun bisa maklumi jika kalian lupa, karena pada dasarnya seorang blogger tidak selalu melakukan pointing domain. Nah, oleh karena itu saya buatkan tutorialnya, jadi silahkan boomark saja halaman ini agar tidak kebingungan mencari saat dibutuhkan.

Sebelum melanjutkan ke tutorial, ada baiknya sobat ketahui dahulu apa yang dimaksud dengan pointing domain dan bagaimana cara melakukannya.

Pendahuluan

Pointing Domain merupakan sebuah tindakan yang mana digunakan untuk mengarahkan domain ke IP Server kalian. Penyedian domain akan mengarahkan ke suatu IP yang sudah ditentukan jika seseorang mengakses domain tersebut.

Sebagai contoh, kalian memiliki domain whois.com lalu diarahkan ke IP Public Server yaitu 19.91.22.23 dengan begini semua user dapat mengakses situs atau layanan dari kalian.

Catatan
Pointing Domain biasanya bisa dilakukan dengan melakukan konfigurasi pada,
  • A Record
  • Nameserver
  • DNS Management

Cara Melakukan Pointing Domain

Pada dasarnya semua sistem pointing domain sama, mungkin hanya berbeda dipenempatan fitur "Zone Editor" nya saja. Berikut ini cara melakukan pointing domain dari Cloudflare ke Blogspot.

  1. Pastikan sudah masuk ke akun Cloudflare masing-masing.
  2. Pilih nama domain yang akan di arahkan / pointing ke Blogspot.
  3. Lalu silahkan pilih menu DNS ⇀ dan klik tombol Add Record
  4. Tambahkan semua record sesuai petunjuk dari fitur custom domain Blogspot.
  5. Tunggu hingga domain benar-benar selesai mengarah ke blogspot, maksimal 24 jam.

Untuk menggunakan fitur custom domain blogspot, kalian harus menambahkan beberapa record seperti A Record, dan CName.

Berikut ini adalah contoh record dari blogspot atau google yang harus kalian tambahkan pada fitur DNS Management cloudflare.

Type Name Target TTL Proxy Status
A @ 216.239.32.21 default DNS Only
A @ 216.239.34.21 default DNS Only
A @ 216.239.36.21 default DNS Only
A @ 216.239.38.21 default DNS Only
CNAME www ghs.google.com default DNS Only
CNAME random random default DNS Only

Keterangan:
Untuk name @ dan www nantinya secara otomatis berubah dan menyesuaikan. Namun untuk record CNAME yang random bisa kalian sesuaikan dengan kode record yang telah ditentukan blogspot, seperti contoh screenshot dibawah ini yang saya sensor.

Penutup

Sebenarnya semua metode pointing domain sama, yang perlu kalian cari tahu adalah record yang diperlukan, seperti A Record, CNAME, atau bahkan Nameserver. Apabila masih kurang paham dengan penjelasan yang sudah saya berikan diatas, bisa tanyakan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini.

Mungkin sekian dulu postingan dari Cara Pointing Domain Cloudflare ke Blogspot, semoga artikel ini bisa membantu para blogger yang merasa kesulitan mengarahkan domain dari cloudflare.
Terimakasih

SUPPORT US Dukung admin untuk terus berkarya dan selalu membagikan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.
[Menyalin] kode AMP