PIN Google Adsense Tidak Datang? Segera Lakukan Tindakan

Sudah di-request tapi PIN Google Adsense tidak kunjung datang juga? Segera lakukan cara ini sebelum tayangan iklan di situs anda dihentikan
Solusi PIN Adsense Tidak Kunjung Datang

Salah satu tahapan sebelum bisa gajian dari blog atau Youtube adalah PIN verifikasi. Lalu apa jadinya kalau PIN Google Adsense tidak datang? Untuk menjawab pertanyaan ini, silahkan simak ulasan berikut sampai tuntas.

Seperti yang kita tahu, jika saldo sudah mencapai $10 pihak Google mewajibkan publisher untuk mengunggah foto KTP sebagai syarat verifikasi alamat. Setelah itu, untuk bisa menerima pembayaran kita harus mengisi PIN yang terdiri dari 6 angka.

Tapi, masalahnya banyak publisher yang tidak menerima surat Adsense padahal sudah di-request. Ini tentu sangat merugikan, karena tayangan iklan akan dihentikan setelah batas verifikasi kadaluwarsa. Rugi banget, kan? Apalagi kalau traffic sedang menanjak.

Solusi PIN Google Adsense Tidak Datang

Untuk negara Indonesia, Google mengirim surat dari Malaysia. Secara logika, seharusnya pengiriman bisa sampai dalam waktu 2 minggu dan paling lama 1 bulan karena jarak kedua negara tidak terlalu jauh.

Tapi, kalau dalam jangka waktu tersebut PIN Google Adsense tidak datang juga, apa solusinya? Setidaknya, berdasarkan pengalaman pribadi ada tiga hal yang harus dilakukan.

1. Jemput ke Kantor Pos

Solusi pertama bila PIN Adsense tak kunjung datang adalah dengan datang langsung ke kantor pos terdekat sesuai alamat yang tertera di KTP. Biasanya, banyak surat Google menumpuk di meja kurir, bahkan ada yang dari dua tahun lalu. Jadi, mungkin saja salah satu tumpukan tersebut milik Anda.

Jika ingin ke kantor pos, langsung saja bilang ke CS atau satpam mau jemput surat Adsense. Nanti akan diarahkan ke gudang tanpa harus mengantri.

Nah, bagaimana kalau belum ada hasil juga? Coba kasih nomor telepon Anda ke kurir atau pihak pos. Minta tolong hubungi kalau surat sudah tiba.

2. Request PIN Sampai 3 Kali

Solusi selanjutnya jika PIN Google Adsense tidak sampai ke rumah dalam 2 minggu, Anda bisa meminta yang baru. Caranya tinggal klik “Request New PIN” atau “Kirim Ulang PIN” di halaman utama dashboard Adsense.

Setelah lewat waktu yang ditentukan dan masih belum datang juga, klik lagi “Request New PIN”. Lakukan cara ini setiap 2 minggu sampai muncul pemberitahuan untuk mengisi formulir.

3. Verifikasi Manual Tanpa PIN

Verifikasi Manual Tanpa PIN Adsense

Ketika sudah tiga kali request, Google menyarankan untuk verifikasi manual. Dibanding menggunakan PIN, ini jauh lebih mudah karena hanya perlu mengisi formulir yang terdiri dari ID Penayang, data diri, dan foto KTP (bisa juga di-scan). 

Bagi yang belum tahu, berikut cara verifikasi PIN Adsense menggunakan KTP:

  • Buka dashboard Google Adsense dan klik garis tiga di sebelah pojok kiri atas.
  • Pilih Pembayaran, klik Kelola Setelan, lalu sesuaikan profil pembayaran dengan data yang sesuai di KTP anda.
  • Selanjutnya kunjungi link berikut ini support.google.com/adsense/contact/id_verification
  • Isi semua kolom yang tersedia seperti Nama, Alamat Email, ID Penayangan, dan Lampiran (Foto KTP)
  • Terakhir silahkan klik Kirim.

Google akan mengirim data verifikasi via email. Biasanya waktu yang dibutuhkan sampai mendapat balasan sekitar 1 jam. Kalau lebih dari 2 jam, kemungkinan ada masalah pada data yang Anda lampirkan. Jadi, sebelum dikirim pastikan semua data sudah benar.

Kesimpulan

Intinya jangan sampai dapat pemberitahuan, “Unit iklan Anda tidak menampilkan iklan karena alamat Anda (PIN) belum diverifikasi”. Karena selain mempengaruhi pendapatan, pada beberapa kasus ini juga menurunkan traffic blog.

Demikian solusi ampuh yang bisa Anda lakukan bila PIN Google Adsense tidak datang. Jadi, kesimpulannya jangan terlalu bergantung pada PIN. Anda bisa melakukan verifikasi manual kalau dalam 3 bulan PIN tidak sampai ke rumah.