5 Daftar Aplikasi Untuk Hack Sebuah Website

Daftar-daftar aplikasi yang biasa dan sering digunakan untuk melakukan hacking pada sebuah website.
Daftar aplikasi yang sering digunakan untuk hack website

Fernn.id - Pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit informasi seputar hacking yaitu 5 Daftar Aplikasi Untuk Hack Sebuah Website yang mungkin bisa menambah wawasan anda. Entah itu dari sisi pemilik website atau pelaku hacking, hal ini perlu anda ketahui secara gamblang.

Mengapa anda sebagai web developer atau pemilik website juga harus mengetahuinya? Salah satunya ialah anda harus identifikasi terlebih dahulu setiap kekurangan dari situs masing-masing. Karena pada dasarnya semua hacker pasti memiliki maksud dan tujuan mengapa mereka melakukan hacking.

Bisa jadi anda sebagai web developer atau pemilik website menyalahi kode etik blogger, atau sekedar memperingatkan atau memberitahukan bug yang terdapat pada website yang anda kelola. Jadi tidak bisa semua tindakan hacking kita anggap tindakan negatif, ya meskipun ada beberapa yang menyalah gunakan ilmu tersebut.

Sebelum lanjut ke topik utama artikel ini, sebaiknya anda pahami dahulu apa itu yang dimaksud dengan hack website.

Pendahuluan

Hacking atau yang biasa dikenal dengan Peretasan merupakan sebuah aktifitas penyusupan ke dalam sistem komputer atau jaringan dengan tujuan untuk menyalahgunakan atau merusak sistem.

Hack website sendiri bisa kita golongkan menjadi 2 jenis teknik yaitu DDOS dan Deface, namun pada umumnya deface lah yang sering digunakan untuk meretas sebuah website.

Daftar Aplikasi Hack Website

Berikut ini 5 daftar aplikasi yang sering digunakan untuk meretas atau hack sebuah website.

Netsparker

Netsparker ini gunanya untuk security scanner pada sebuah website contoh mencari sisi lemah atau bug yang ada. Biasanya tools ini sering digunakan untuk pengembangan situs, dan mencari vulnerability.

Namun tak sedikit juga yang menyalahgunakan alat ini sebagai bahan kejahilan. Mereka umumnya mencari web dengan sela keamanan SQL Injection, XSS, dan sela lain untuk kebutuhan individu.

Tools ini juga menyediakan paket gratis yang dapat anda gunakan untuk menganalisis dan mencari bug atau kelemahan atau celah web anda sendiri.

Acunetix

Acunetix adalah tools untuk mengenali celah-celah keamanan dari kode Javascript, HTML5, dan lainnya, hingga akan mempermudah anda untuk menambal kekurangan pada website seperti kebocoran data.

Tools inilah yang akan berguna jika anda mengelola web online shop agar calon pelanggan / pembeli dan penjual lebih nyaman menggunakan layanan yang anda tawarkan.

Hackode

Program yang ini pada umumnya digunakan untuk melakukan pengujian oleh beberapa IT Administrator, Cyber Security Professional, atau beberapa Ethical Hacker untuk mengetahui kekurangan mekanisme keamanan pada OS buatan Google.

Tools ini sendiri memiliki fitur yang bisa dibilang kompleks untuk digunakan oleh para pemula ataupun professional. Adapun fiturnya seperti SQL Injection, MySQL, Whois, DNS Lookup, Security RSS Feed, dan masih banyak lagi.

WebInspect

Tentu tools ini tidak akan asing lagi dikalangan para blogger, terutama yang sudah professional dibidang ini. Karena pada umumnya WebInspect ini sendiri berperan untuk menyiapkan analisis aktif yang paling mendalam dari service web yang kompleks. Program ini sangat terkenal dikalangan para hacker karena memungkinkan para peretas untuk melakukan teknik hacking secara benar.

Termux

Tools ini juga tidak kalah terkenalnya dengan WebInspect, karena tools ini sendiri memiliki beragam kegunaan yang bisa para hacker atau para web developer gunakan. Termux ialah program yang umum digunakan untuk terhubung ke terminal seperti di piranti berbasis Linux, peranannya pun khusus yaitu untuk masukan, menampilkan, dan cetak data langsung dari piranti android anda.

Dengan memakai termux, para hacker atau pemakainya dapat menjalankan bahasa pemrograman seperti Ruby, Perl, Python tanpa harus proses rooting terlebih dahulu, menjalankan teks editor berbasis terminal emulator dan mencapai peranan SSH Client.

Penutup

Nah itulah dia beberapa aplikasi yang sering digunakan para hacker dan web developer untuk hack sebuah website. Perlu diketahui bahwa artikel ini tidak mengajarkan anda cara hacking atau berbuat jahil kepada orang lain, melainkan hanya untuk sekedar menambah wawasan agar website yang anda kelola bisa semakin aman dan terproteksi dari berbagai tindak kejahatan.

Mungkin sekian dulu artikel dari 5 Daftar Aplikasi Untuk Hack Sebuah Website pada kali ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda sebagai web developer lebih paham memproteksi situs dengan baik. Silahkan bertanya jika terdapat pertanyaan yang kurang jelas atas penjelasan diatas.
Terimakasih