Cara Mengatasi Selalu Kembali ke Recovery Setelah Flash Stockrom

Cara mudah mengatasi android yang selalu kembali ke custom recovery setelah flashing atau instal stockrom.

Fernn.id - Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tutorial lagi tapi bukan seputar blogging, melainkan seputar android yaitu Cara Mengatasi Selalu Kembali ke Recovery Setelah Flash Stockrom. Meskipun bukan hal baru, namun tutorial ini penting sekali bagi anda yang merasa kebingungan dan juga takut jika ponsel nantinya bootloop / softbrick.

Sesuai pada judul, biasanya hal ini terjadi setelah anda melakukan flashing stockrom entah itu awalnya dari custom rom ataupun dari stockrom juga dan terutama bagi pengguna Realme 5 Pro. Sebelumnya saya sendiri pernah merasa kebingungan karena masalah ini, dan akhirnya searching di internet untuk mengatasi hal ini namun belum menemukan solusinya.

Tetapi setelah mencoba bertanya-tanya ke dalam grup komunitas Realme 5 Pro di telegram, akhirnya saya dapat mengatasi masalah ini dengan banyak bantuan dari member grup tersebut. Oleh karena itu saya buatkan tutorial ini bagi anda yang belum menemukan solusinya dan bingung harus berbuat apa setelah flashing rom tetapi selalu kembali ke menu recovery.

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, bisa menggunakan stock recovery atau menggunakan custom recovery. Untuk lebih jelasnya bisa sobat simak penjelasan dari tutorial berikut dan pastikan jangan melewatkan satu langkah pun.

Mengatasi Selalu Kembali ke Recovery Setelah Flashing Stockrom

Masalah ini sering terjadi karena beberapa data dalam internal anda sebelumnya masih ada meskipun sudah di format data dan clean flash sebelum flashing rom. Jadi solusinya bisa anda hapus ulang atau format data setelah flashing rom, jika belum jelas bisa ikuti tutorial berikut ini.

Cara Pertama

  1. Pastikan anda sudah didalam custom recovery bisa TWRP, Orangefox, dan lain-lain.
  2. Lalu silahkan pergi menuju ke menu Advanced
  3. Kemudian klik File Manager
  4. Lanjutkan dengan klik lagi folder Data
  5. Hapus semua file didalamnya (kecuali folder "Media")
  6. Terakhir boot system dan lihat hasilnya.

Cara Kedua

  1. Pastikan anda juga sudah didalam custom recovery bisa TWRP, Orangefox, atau lainnya.
  2. Lalu silahkan pergi ke menu Wipe
  3. Kemudian klik Format Data
  4. Lanjutkan dengan mengisi "Yes" pada kolom yang disediakan, lalu klik OK
  5. Terakhir boot system dan lihat hasilnya.

Tutorial diatas sudah admin lakukan di device Realme 5 Pro berkali-kali, namun jika anda ingin menggunakannya pada device lain juga bisa dengan segala resiko dan anda tanggung sendiri.

Tutorial diatas bebas kalian gunakan pada device apapun karena tidak akan berpengaruh buruk apapun pada device. Namun jika masalah belum terselesaikan bisa gunakan cara lain yang tentunya harus anda tanyakan di grup yang sesuai dengan type device anda masing-masing.

Mungkin sekian dulu artikel dari Cara Mengatasi Selalu Kembali ke Recovery Setelah Flash Stockrom, jika ada pertanyaan atau kurang mengerti dengan penjelasan diatas bisa anda tanyakan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini. Saya bersedia membantu sobat jika tidak ada kesibukan di dunia nyata dan semoga selalu bermanfaat.
Terimakasih