Cara Mengganti Kotak Berlangganan Feedburner dengan Follow.it

Cara Mengganti Kotak Berlangganan Feedburner dengan Follow.it - Seperti yang sudah kita ketahui bahwa beberapa waktu yang lalu Google telah menghentikan salah satu layanan mereka yaitu Feedburner untuk berlangganan feed blog. Namun yang menjadi kekhawatiran para blogger saat ini, karena google sendiri belum mengabarkan adanya calon pengganti layanan tersebut.

Oleh karena itulah mengapa artikel ini saya buat, meskipun tidak sebagus layanan milik Google namun setidaknya tetap memiliki fungsi yang sama yaitu agar pengunjung bisa berlangganan feed blog menggunakan email.

Tutorial ini saya bagikan karena memiliki fungsi yang sama tapi memiliki segi desain yang mirip dari desain kotak berlangganan yang sudah ada di blog anda. Jadi sobat tak perlu lagi khawatir mencari pengganti Feedburner yang cocok dan bisa digunakan pada platform blogger.

Penjelasan

Follow.it adalah sebuah platform yang mampu menyediakan layanan berlangganan via RSS atau feed untuk para pembaca setia / pengunjung layaknya pada Feedburner milik Google yang telah dicanangkan akan dihapus itu.

Selain memiliki fungsi yang sama, namun Follow.it ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Feedburner yaitu bisa mengelola daftar bacaan dari situs-situs yang sebelumnya sudah kita sukai. Sehingga dapat memudahkan setiap penggunannya untuk mengoperasikan layanan ini sebagaimana mestinya layanan berlangganan feed blog.

Cara Membuat Kotak Berlangganan Follow.it

Hal pertama yang harus sobat lakukan tidak lain adalah mendaftar ke layanan tersebut tentunya untuk bisa menggunakan layanan tersebut seperti pada Feeburner. 

Mendaftar Layanan Follow.it

  1. Silahkan membuat akun anda sendiri terlebih dahulu ke https://www.follow.it/
  2. Setelah mendaftar, silahkan login untuk masuk ke dashboard lalu pilih layanan basic (gratis) dibagian Features & Plans.
  3. Kemudian pilih Add Feed dan masukkan URL blog anda masing-masing pada kotak yang disediakan. Selebihnya Follow.it akan mendeteksi secara otomatis tautan feed blog anda, silahkan pilih feed https://www.namablog.com/feeds/posts/default lalu klik Continue.
  4. Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya, dan temukan bagian "Already have a form?" kemudian silahkan copy kode HTML yang sudah disediakan.

  5. Lanjutkan dengan klik Continue lalu klik Done.
  6. Selanjutnya silahkan masukkan alamat email untuk klaim feed yang kita buat tadi. Lalu cek email dan temukan Feed Claim Request on Follow.it kemudian copy kode meta tersebut lalu pasang di template anda dibawah kode <head>
  7. Terakhir masih didalam kotak pesan email tadi, sekarang klik link untuk klaim feednya dan tunggu hingga proses klaim selesai.

Memasang ke Widget Blog

  1. Silahkan masuk terlebih dahulu ke dashboard https://www.blogger.com
  2. Lalu pilih Template > Edit HTML dan temukan kode seperti berikut atau bisa langsung menggunakan fitur "Jump to Widget FollowByEmail1".
    <form action='https://feedburner.google.com/fb/a/mailverify' expr:onsubmit='&quot;window.open(\&quot;https://feedburner.google.com/fb/a/mailverify?uri=&quot; + data:feedPath + &quot;\&quot;, \&quot;popupwindow\&quot;, \&quot;scrollbars=yes,width=550,height=520\&quot;); return true&quot;' method='post' target='popupwindow'>
            <table>
              <tr>
                <td>
                  <input aria-label='Email' class='follow-by-email-address' name='email' placeholder='Email address...' type='text'/>
                </td>
                <td>
                  <input class='follow-by-email-submit' type='submit' value='Submit'/>
                </td>
              </tr>
            </table>
            <input expr:value='data:feedPath' name='uri' type='hidden'/>
            <input name='loc' type='hidden' value='en_US'/>
          </form>

    Silahkan ganti kode yang sudah saya blok dengan kode yang sudah anda copy tadi, tepatnya pada langkah nomor 4 pada Pendaftaran Layanan Follow.it

  3. Kemudian jangan lupa klik Save untuk menerapkan perubahan yang sudah kita lakukan.

Penutup

Nah itu dia cara menggantikan kotak berlangganan Feedburner yang mungkin akan segera tidak bisa digunakan sama sekali. Untuk melihat daftar email pengikut blog dan statistik, silahkan cek di halaman dashboard Follow.it dan anda juga bisa mengimport daftar pengikut sebelumnya dari Feedburner agar tidak kehilangan pengikut lama.

Mungkin sekian dulu artikel dari Cara Mengganti Kotak Berlanggan Feedburner dengan Follow.it. Jika ada pertanyaan yang mungkin anda kurang pahami bisa tanyakan langsung melalui kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, semoga bermanfaat dan
Terimakasih.

Referensi:
www.kompiajaib.com

SUPPORT US Dukung admin untuk terus berkarya dan selalu membagikan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.
[Menyalin] kode AMP