Cara Mudah Mengatasi Broken Link Dengan Cloudflare

Cara Mudah Mengatasi Broken Link Dengan Cloudflare - Masih sama dengan tutorial yang saya berikan sebelumnya, karena tutorial ini juga membutuhkan Cloudflare sebagai alat bantu (pihak ke-3) untuk mempermudah penerapan tutorial ini.

Broken Link sendiri bisa terjadi pada blog / website siapapun tidak terkecuali, hal ini bisa terjadi karena kurangnya perhatian dan kelalaian pemilik untuk crosscheck setiap link yang pernah ia bagikan pada blog entah itu di halaman post ataupun statis.

Tentu hal ini akan menambah kerja seorang blogger terlebih lagi jika sudah memiliki banyak artikel dan yang lebih susahnya lagi blogspot pun masih belum menyediakan fitur notifikasi jika ada broken link di blog atau website yang kita kelola.

Satu-satunya cara yang dapat mempermudah kerja para blogger ialah memanfaatkan cloudflare yang sudah terhubung dengan blog. Bagaimana caranya? silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Penjelasan Broken Link

Broken Link adalah istilah untuk tautan yang tidak aktif atau rusak. Dimana tautan ini yang seharusnya bisa membawa anda ke suatu laman tertentu, tapi malah membawa anda ke laman error 404, baik itu tautan internal maupun eksternal.

Penyebab Terjadinya Broken Link

Terdapat berbagai macam bentuk terjadinya broken link pada suatu blog atau situs, diantaranya seperti berikut ini.

  1. Salah dalam penulisan / typo
  2. Permalink diganti
  3. URL postingan / file dihapus
  4. Pergantian directory untuk self-hosted
  5. Mengganti domain / custom domain
  6. dan lain-lain...
Salah satu penyebab yang sering ditemukan pada seorang blogger adalah masalah ketika melakukan custom domain, banyak link yang masih menggunakan blogspot lupa mereka ganti ke tautan yang baru setelah perubahan custom domain.

Dampak Terhadap SEO

Tentunya hal ini akan mempengaruhi dan memiliki dampak buruk sekali bagi kesehatan blog. Sebagai seorang blogger tentunya tidak hanya dihadapkan dengan mesin pencari, tapi juga terhadap pengguna (User Experience). Bagaimana mungkin seorang pengguna / pengunjung akan kembali ke blog kita? jika blog yang kita kelola saja memiliki broken link yang sebenarnya tautan tersebut sangat pengguna butuhkan saat itu.

Crosscheck Broken Link

Untuk anda para blogger yang ingin crosscheck apakah diblog anda terdapat broken link atau tidak, silahkan gunakan tools online dari brokenlinkcheck.com

Solusi Terbaik

Solusi yang terbaik untuk memperbaiki semua tautan yang rusak pada blog anda sangat saya sarankan menggunakan Cloudflare untuk menghemat waktu anda sendiri apabila blog anda memiliki broken link dengan jumlah yang tidak sedikit.

Menggunakan Cloudflare Untuk Mengatasi Broken Link

Terdapat beberapa langkah menggunakan cloudflare untuk mengatasi masalah broken link ini, tapi sebelum itu pastikan dahulu blog anda sudah menggunakan DNS dari Cloudflare atau sudah terhubung ke Cloudflare.

  1. Buat terlebih dahulu Worker > Create a Worker lalu copy semua script berikut ini. (Edit yang sudah admin blok)
    const OLD_URL = "blog.fernn.id"
    const NEW_URL = "fernn.id"
    
    async function handleRequest(req) {
      const res = await fetch(req)
      return rewriter.transform(res)
    }
    
    class AttributeRewriter {
      constructor(attributeName) {
        this.attributeName = attributeName
      }
      element(element) {
        const attribute = element.getAttribute(this.attributeName)
        if (attribute) {
          element.setAttribute(
            this.attributeName,
            attribute.replace(OLD_URL, NEW_URL),
          )
        }
      }
    }
    
    const rewriter = new HTMLRewriter()
      .on("a", new AttributeRewriter("href"))
    
    addEventListener("fetch", event => {
      event.respondWith(handleRequest(event.request))
    })
  2. Kemudian lanjutkan Rename, misal 301-mui
  3. Selanjutnya klik Route > Add a Route gunakan *namadomain.tld/* ganti dengan nama domain anda dan worker yang sudah anda buat tadi seperti 301-mui
  4. Selesai.

Script diatas bisa anda gunakan untuk memperbaiki broken link apabila penyebabnya karena ada perubahan domain.

Penutup

Nah, itulah dia cara untuk mengatasi broken link pada blog. Namun tutorial diatas hanya berlaku jika blog anda telah melakukan perubahan pada domain yang menjadi salah satu penyebab terjadinya broken link. Lalu bagaimana mengatasi penyebab lainnya? Tentu saja hal ini harus anda lakukan secara manual dan satu-persatu sesuai tautan yang rusak.

Mungkin sekian dulu artikel dari Cara Mudah Mengatasi Broken Link Dengan Cloudflare yang bisa saya bagikan kali ini. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan melalui kolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini, semoga bermanfaat dan
Terimakasih

Referensi:
www.kang-ismet.com

SUPPORT US Dukung admin untuk terus berkarya dan selalu membagikan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.
[Menyalin] kode AMP