Doa Pagi Hari Islam untuk Memohon Tambahan Ilmu dan Rezeki

NEWS
·
24 Februari 2021 20:34

Doa Pagi Hari Islam untuk Memohon Tambahan Ilmu dan Rezeki

Doa Pagi Hari Islam untuk Memohon Tambahan Ilmu dan Rezeki
Ilustrasi Doa, sumber; Pinterest

Mengamalkan doa pagi hari Islam setiap hari akan membantu mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan rezeki yang barokah.

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk memulai aktivitas. Bahkan Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalamberdoa pada Allah untuk hambanya pada pagi hari.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Dalam Al Qur’an, Allah juga menggambarkan keadaan di pagi hari untuk melakukan aktivitas.

وَإِذْ غَدَوْتَ مِنْ أَهْلِكَ تُبَوِّئُ الْمُؤْمِنِينَ مَقَاعِدَ لِلْقِتَالِ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Dan (ingatlah), ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang.” (QS. Ali Imron [3]: 121)

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.”

Doa Pagi Hari Islam untuk Rezeki

Selain mendoakan umatnya, Rasulullah juga mengajarkan kita doa pagi hari Islam untuk memohon ilmu dan rezeki.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu As-Sunni dan Ibnu Majah).

Imam An-Nawawi mengutip doa pagi Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Mas‘ud dalam Sahih Muslim berikut ini:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Artinya, “Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 64).

Dalam buku "Adab dan Doa Sehari-hari Untuk Muslim Sejati", halaman 25 dituliskan, gunakanlah waktu pagi dengan banyak kegiatan yang positif agar dalam menjalani hidup lebih optimis dan bersemangat. Jangan tidur lagi setelah shalat Subuh, karena bisa menghalangi rezeki Allah dan juga tidak baik untuk kesehatan badan.

Biasakan untuk membaca doa pagi hari Islam supaya menjalani hari dengan semangat dan diberkahi setiap langkahnya oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

SUPPORT US Dukung admin untuk terus berkarya dan selalu membagikan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.
[Menyalin] kode AMP