Petani Porang Cuan Rp 500 Juta

 Terkini Bisnis: Sandiaga Terapkan WFH Total dan Petani Porang Cuan Rp 500 Juta

Reporter: 

Tempo.co

Editor: 

Ali Akhmad Noor Hidayat

Selasa, 22 Juni 2021 18:00 WIBPariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Juni 2021. Dalam rapat tersebut, Sandiaga mengusulkan tambahan anggaran Kemenparekraf sebesar Rp 500 miliar dalam pagu indikatif RAPBN 2022 menjadi Rp 4,3 triliun. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.COJakarta - Berita terkini ekonomi bisnis sejak pagi hingga sore ini, Selasa 22 Juni 2021 dimulai dari Sandiaga menerapkan program Work From Home bagi pegawai Kementerian Pariwisata, petani Semarang meraup Rp 500 juta per Hektare dari lahan Porang dan laporan keuangan pemerintah pusat mendapat opini WTP dari BPK.

Selain itu ada kabar Yusuf Mansur borong saham Bank MNC senilai Rp 250 juta dan nasabah BCA diminta untuk ganti ke kartu chip agar tidak diblokir. Berikut lima berita terkini sepanjang hari ini: 1. 50 Pegawai Kemenparekraf Positif Covid-19, Sandiaga Uno Terapkan WFH Total

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk pegawai di kementeriannya secara total. Kebijakan itu diberlakukan menyusul 50 pegawai Kemenparekraf terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kami prihatin ada 50 rekan kami terkonfimasi terkena covid-19. Kami doakan saudara-saudara kita segera pulih dan kembali beraktivitas seperti sedia kala,” ujar Sandiaga dalam press briefing melalui saluran virtual, Selasa, 22 Juni 2021.

Sandiaga mengakui meningkatnya kasus Covid-19 baru-baru ini menjadi tantangan yang berat bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Bali yang roda perekonomiannya berporos pada sektor pariwisata, misalnya, diprediksi akan kembali mengalami kontraksi pada kuartal II sampai minus 8 persen.

2. Lahan Porang Kian Meluas di Semarang, Petani Bisa Raup Rp 500 Juta per Hektare

Lahan tanaman porang kian meluas di Kabupaten Seamarang. Petani bersama kelompok tani kian melirik potensi keuntungan dari menanam porang. Pemerintah kabupaten memberikan sejumlah pendampingan.

Pemerintah Kabupaten Semarang terus mendorong petani untuk menanam porang yang ternyata memiliki nilai ekonomis tinggi. Harga porang ini mencapai Rp7.500 per kilogramnya. Di lahan seluas satu hektare, petani dapat menghasilkan 70 ton umbi porang dalam sekali panen.

Dukungan terhadap petani ini disampaikan Bupati Semarang, Ngesti Nugraha. Ngesti mengatakan tanaman yang juga dikenal dengan sebutan iles-iles ini menjadi salah datu komoditas ekspor. Untuk itu, Ngesti mengatakan petani akan didampingi untuk menanam porang termasuk cara tanam yang baik serta pemasarannya.

3. Laporan Keuangan Pemerintah Pusat 2020 Raih Opini WTP dari BPK

Pemerintah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat(LKPP) Tahun 2020 berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP). Opini WTP ini merupakan yang kelima kalinya berturut turut sejak LKPP Tahun 2016 dan merupakan pencapaian opini audit terbaik atas suatu laporan keuangan.

"BPK berpendapat bahwa LKPP Tahun 2020 yang disajikan pemerintah tidak memiliki salah saji yang bersifat material, yang dapat menjadi pengecualian atas opini wajar yang diberikan," dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Selasa, 22 Juni 2021.

Oleh karena itu, BPK memiliki keyakinan yang memadai bahwa LKPP Tahun 2020 layak untuk memperoleh opini WTP.

Pemeriksaan BPK atas LKPP Tahun 2020 juga meliputi pemeriksaan intensif terkait Program Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) yang mendapatkan alokasi sebesar Rp695,20 triliun.

4. Yusuf Mansur Borong 250 Juta Saham Bank MNC, Berapa Nilainya?

Ustaz Yusuf Mansur membeli 250 juta saham PT Bank MNC Internasional Tbk. Pembelian saham emiten berkode BABP ini dilakukan secara konsorsium.

"Kerja sama peningkatan jumlah rekening nasabah MotionBanking melalui jaringan Ustaz Yusuf Mansur," demikian keterangan tertulis dari Bank MNC, Senin, 21 Juni 2021.

Berdasarkan data RTI, saham BBAP terakhir tercatat pada harga Rp 316 per lembar saham. Dengan demikian, taksiran dana yang dikeluarkan berkisar Rp 79 miliar.

5. Nasabah BCA Diimbau Segera Ganti ke Kartu Chip Agar Tak Diblokir, Begini Caranya

Manajemen PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA kembali mengimbau para nasabah yang masih menggunakan kartu debit magnetic stripe untuk segera menggantinya ke kartu menjadi berbasis chip. Sebab, bank akan memblokir kartu-kartu debit berbasis magnetic stripe dalam waktu dekat.

Penggantian kartu itu sesuai dengan arahan Bank Indonesia melalui SE BI No.17/52/DKSP. Di dalam surat itu disebutkan penggunaan kartu magnetic stripe hanya diizinkan pada kartu ATM atau debit tertentu saja.

Jika masih ada nasabah yang menggunakan magnetic stripe, kartu akan diblokir. Dalam pelaksanaannya, tiap bank memiliki jadwal pemblokiran yang berbeda-beda. Adapun BCA mulai memblokir pada awal 2022.

SUPPORT US Dukung admin untuk terus berkarya dan selalu membagikan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.
[Menyalin] kode AMP