13 Tanaman Paling Langka di Dunia, 2 Ada di Indonesia

 

13 Tanaman Paling Langka di Dunia, 2 Ada di Indonesia

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 02 Des 2020, 14:38 WIB
Bunga Rafflesia Padma yang mekar terlihat di Kebun Raya Bogor, Kamis (8/9). Bunga padma yang merupakan endemik di kawasan Pesisiir Selatan Jawa Barat ini mekar 3 tahun lalu dan merupakan tanaman unggulan di Kebun Raya Bogor. (Merdeka.com/Arie Basuki)
Bunga Rafflesia Padma yang mekar terlihat di Kebun Raya Bogor, Kamis (8/9). Bunga padma yang merupakan endemik di kawasan Pesisiir Selatan Jawa Barat ini mekar 3 tahun lalu dan merupakan tanaman unggulan di Kebun Raya Bogor. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang ada di Bumi telah berevolusi sekitar 700 juta tahun lalu. Evolusi itu terjadi jauh sebelum hewan pertama muncul di Bumi atau sekitar 550 juta tahun lalu. 

Selama sejarah yang panjang dan kaya, tumbuhan harus beradaptasi. Mereka telah berurusan dengan peristiwa kepunahan, zaman es, pecahnya benua, dan perubahan lingkungan yang disebabkan manusia.Sejumlah tanaman pun masuk ke dalam daftar tumbuhan paling langka yang ada di dunia. Tanaman langka ini menjadi potongan-potongan sejarah hidup.

Ada yang memiliki siklus hidup unik, bunga-bunga indah yang dihargai kolektor di seluruh dunia, dan adaptasi yang aneh untuk menarik mangsa. 

Berikut ini daftar 13 tanaman paling langka di dunia yang dikutip dari rarest.org, Rabu (2/12/2020):

13. Pohon Candelabra

Pohon Candelabra. (commons.wikimedia.org)
Pohon Candelabra. (commons.wikimedia.org)

Pohon ini telah digunakan suku asli Brazil selama ribuan tahun. Bijinya adalah makanan lokal populer yang rasanya mirip dengan kacang pinus.

Kulit kayu dan daunnya digunakan dalam pengobatan tradisional. Batang pohon yang sangat lurus membuatnya ideal untuk konstruksi.

Sayangnya, industri penebangan di Brazil telah menghancurkan 97% habitat asli Pohon Candelabra. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini telah menemukan kehidupan barunya.

12. Oahu Stenogyne

Oahu Stenogyne. (commons.wikimedia.org)
Oahu Stenogyne. (commons.wikimedia.org)

Terkadang keajaiban terjadi dan sebuah tanaman, yang pernah dianggap punah, ditemukan kembali. Seperti yang terjadi pada Oahu Stenogyne.

Tanaman ini telah dinyatakan punah pada 2000. Namun, pada 2004 satu tanaman besar dari keluarga mint ini ditemukan kembali.

Tanaman ini berdiameter empat meter dan sebenarnya mungkin merupakan beberapa individu yang telah tumbuh bersama. Di bawah pengawasan ilmiah, Oahu Stenogyne akhirnya muncul kembali.


11. Anggrek Hantu

Anggrek Hantu. (commons.wikimedia.org)
Anggrek Hantu. (commons.wikimedia.org)

Seorang kolektor tumbuhan langka dalam tamasya tropis pertama kalinya, menemukan anggrek langka ini. Ia dikenal dengan warna putih pucat dan kurus dan penampilan yang seperti khayalan.

Meskipun sangat dicari para kolektor, Anggrek Hantu tak bisa sembarangan tumbuh. Ia hanya tumbuh subur di lingkungan yang sangat lembab dengan suhu yang konsisten.

Tidak seperti kebanyakan anggrek, yang satu ini tidak memiliki daun. Ia bergantung pada pengambilan nutrisi dari tanaman lain. Bunga Anggrek Hantu ini bergerigi putih, panjangnya mencapai 9 cm, dan beraroma apel.

10. Pohon Darah Naga

Pohon Darah Naga. (commons.wikimedia.org)
Pohon Darah Naga. (commons.wikimedia.org)

Untuk melihat pohon langka ini, Anda harus melakukan perjalanan ke Yaman, menyewa perahu, dan mengunjungi pulau Socotra.

Socotra, seperti Kepulauan Galapagos, menyimpan beragam spesies asli unik yang hanya ditemukan di sana. Jika Anda berdiri di bawah Pohon Darah Naga dan melihat ke atas, itu menyerupai pangkal jamur.

Bila ingin mengetahui dari mana asal nama Darah Naga, goreslah batang pohon ini maka akan keluar getah berwarna merah seperti darah.


9. Bunga Bangkai

Seorang turis mengambil gambar bunga bangkai raksasa Titan Arum di Botanic Garden, Washington, Amerika Serikat, Senin (2/8). Bunga bangkai raksasa dari Sumatera, Indonesia ini tak lama lagi akan mekar sempurna. (Zach GIBSON/AFP)
Seorang turis mengambil gambar Bunga Bangkai raksasa Titan Arum di Botanic Garden, Washington, Amerika Serikat, Senin (2/8). Bunga bangkai raksasa dari Sumatera, Indonesia ini tak lama lagi akan mekar sempurna. (Zach GIBSON/AFP)

Tidak setiap bunga merupakan pengalaman yang menyenangkan. Bunga Bangkai memiliki bunga parasit yang mirip dengan tanaman kantong semar.

Ia menggunakan baunya yang unik dan tidak sedap (mirip dengan daging busuk) untuk memancing makanan. Namun, bunga bangkai perlu tumbuh hingga 7 tahun sebelum mekar pertama kali.

Tanaman langka dan berbau ini dapat menemukannya di hutan yang lembab dan kaya di Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia.

8. Pohon Bergetar

foto: weather
Pohon Bergetar. (weather)

Alih-alih daun biasa, pohon ini mendapat energi dari matahari melalui paku-paku sempit. Dari kejauhan, tanaman itu lebih mirip tanaman lidah buaya daripada pohon.

Masyarakat adat menggunakan kayu dari pohon ini untuk membuat anak panah untuk menahan anak panah mereka. Salah satu subspesiesnya sangat terancam punah, hanya tersisa 200 tanaman.

Tempat terbaik untuk menemukan Pohon Bergetar yang tersisa adalah di cagar alam di kota terpencil Keetmanshoop, Namibia.


7. Bunga Kadupul

Bunga Kadupul. (commons.wikimedia.org)
Bunga Kadupul. (commons.wikimedia.org)

Bunga Kadupul memiliki wangi yang indah sekali. Bunga ini juga menjadi salah satu bahan parfum paling langka dan paling eksotis.

Bunga Kadupul sangat sulit ditemukan dan dipanen. Bunga ini mekar hanya sekali di tengah malam dan hilang saat fajar.

Jika ingin mencari bunga Kadupul, sebaiknya menjelajahi hutan pada malam hari. Beberapa yang beruntung bisa melihat Kadupul dan terpesona oleh mekarnya yang indah dan aromanya yang memabukkan.

6. Anggrek Bawah Tanah Barat

Anggrek Bawah Tanah Barat. (commons.wikimedia.org)
Anggrek Bawah Tanah Barat. (commons.wikimedia.org)

Anggrek ini menghabiskan seluruh hidupnya di bawah tanah. Karena tidak memiliki klorofil, warnanya putih bersih.

Bagaimana anggrek bertahan hidup di bumi yang gelap? Itu parasit, mencuri nutrisi dari tanaman terdekat. Bunga ini mekar dari Mei hingga Juni, dengan bunga merah dan putih beraroma kuat yang hanya setinggi satu inci.

Tanaman ini diyakini sangat terancam punah karena sangat sulit ditemukan dan sedikit yang diketahui tentang Anggrek Bawah Tanah Barat yang misterius ini.

5. Anggrek Sandal Rothschild

Anggrek Sandal Rothschild. (commons.wikimedia.org)
Anggrek Sandal Rothschild. (commons.wikimedia.org)

Anggrek langka dan terancam punah ini perlu tumbuh selama 15 tahun sebelum mekar. Di pasar gelap, diketahui dijual hingga $ 5.000 per bunga.

Untuk melihat anggrek ini bisa melakukan perjalanan ke Kalimantan, Indonesia, mengenakan sepatu hiking, dan naik Gunung Kinabalu. Mulailah mencari di antara 1.600 hingga 4.000 kaki.

Anggrek ini hanya tumbuh pada ketinggian tertentu.

Pitcher Attenborough. (commons.wikimedia.org)
Pitcher Attenborough. (commons.wikimedia.org)

Tanaman Pitcher tidak terlalu luar biasa. Faktanya, mereka adalah tanaman hias yang trendi beberapa tahun yang lalu.

Namun, Pitcher Attenborough sangat unik dan langka. Anda bisa menemukannya di puncak Gunung Victoria di Filipina, tidak di tempat lain.

Diyakini bahwa hanya ada beberapa ratus tanaman saja. Namun, Gunung Victoria sangat kasar dan sulit dijangkau sehingga tidak pernah dihitung dengan benar. Tanaman eksotik dan berbahaya ini ditemukan pada 2007.


3. Suicide Palm

Pohon Palm Bunuh Diri. (commons.wikimedia.org)
Suicide Palm. (commons.wikimedia.org)

Madagasgar dikenal di seluruh dunia karena keanekaragaman hayatinya. Di antara tumbuhan yang paling tidak biasa di pulau ini adalah Suicide Palm. Pohon palem ini pertama kali ditemukan pada 2005 oleh seorang petani Madagaskar saat tamasya.

Ini sangat langka, dengan hanya sekitar 90 yang ditemukan di alam liar. Palem ini hidup selama 50 tahun, berbunga, dan mati. Ini juga pohon yang cukup menjulang tinggi, mencapai ketinggian hingga 18 meter.

Daun palem kipasnya membentang sepanjang 15 meter, menaungi area luas tanah Madagaskar.

2. Encephalartos Woodii

Encephalartos Woodii. (commons.wikimedia.org)
Encephalartos Woodii. (commons.wikimedia.org)

Tanaman yang sangat terancam punah ini ditemukan pada 1895 di Zululand (sekarang bagian dari Afrika Selatan). Saat ini hanya ada di satu kebun raya di Afrika Selatan.

Pohon ini membutuhkan suhu tertentu untuk tumbuh dan berkembang, oleh karena itu mengapa ia hanya bertahan di taman yang dikendalikan iklim.

Karena kelangkaannya, para ilmuwan hanya mengetahui sedikit tentangnya. Namun, mereka yakin spesies tersebut memiliki varietas jantan dan betina.

Sayangnya, taman tersebut hanya memiliki pejantan. Spesies ini menghadapi kepunahan kecuali para peneliti menemukan cara untuk menciptakan varietas betina.

14 dari 15 halaman

1. Middlemist Red

Middlemist Red. (commons.wikimedia.org)
Middlemist Red. (commons.wikimedia.org)

Tanaman ini aslinya dari China. Ia dinamai sesuai importir bunga John Middlemist pada 1804.

200 tahun yang lalu, Middlemist Reds sangat dicari orang Eropa. Tanaman itu dipanen dengan sangat agresif sehingga sekarang punah di negara asalnya, China.

Ia hidup hanya di 2 tempat: kebun raya di London dan Selandia Baru. Hanya ada dua spesimen yang tersisa di dunia.

Middlemist Red adalah tanaman paling langka di dunia. Spesimen London memiliki sejarah yang liar: tanaman itu selamat dari bom yang ditanam pasien rumah sakit jiwa yang melarikan diri.

SUPPORT US Dukung admin untuk terus berkarya dan selalu membagikan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.
[Menyalin] kode AMP