KESALAHAM BUDIDAYA BELUT YANG HARUS DI PAHAMI PARA PEMULA

 


Semua usaha tentu saja memiliki kendala tertentu yang membuat usaha tersebut sulit berekmbang. Termasuk juga usaha budidaya belut, ada beberapa kendala budidaya belut yang biasa menghambat para pelaku budidaya belut itu sendiri. Dan tentunya, cara mengatasi berbagai kendala budidaya belut tersebut harus di ketahui oleh para pembudidaya. Sehingga hasil yang akan didapatkan akan lebih optimal.

Gambar : Belut Stress

Kendala budidaya belut memang lebih banyak dan lebih sulit dibandingkan pada usaha perikanan lainnya. Hal ini disebabkan oleh sifat belut yang masih memiliki sifat liar dan kanibalisme cukup tinggi. Dua hal itulah yang menyebabkan kendala budidaya belut selama ini.
Lalu apa saja kendala budidaya belut yang harus dihadapi oleh para pelaku usaha budidaya belut. Berikut ini informasi untuk anda yang mungkin bisa membantu untuk menemukan solusinya sebelum memulai usaha budidaya belut skala besar.


1. Sifat Asli Belut

Kendala budidaya belut yang pertama yaitu sifat bawaan belut itu sendiri. Belut memiliki sifat kanibalisme yang sangat tinggi. bahkan lebih tingggi dibandingkan ikan lele. Selain itu, kita juga belum mengerti bagaimana cara menambah nafsu makan belut seperti pada budidaya perikanan lainnya. Oleh karena itu perlu dilakukan pengamatan terlebih dahulu untuk mengatasi masalah ini.


2. Ketersediaan Air

Mungkin lahan bukanlah salah satu faktor yang menjadi salah satu kendala budidaya belut. Karena budidaya belut itu sendiri bisa menggunakan lahan sempit sebagai tempat budidayanya. Selian itu, kita juga bisa menggunakan tong bekas untuk memulasi usaha budidaya belut.

Salah satu yang menjadi kendala budidaya belut yakni ketersediaan air. Dalam budidaya belut, air yang digunakan harus mengalir sesuai dengan habitat alami belut tersebut. Sehingga kita perlu menyediakan air yang banyak untuk dapat membuat kolam yang sesuai dengan habitat alaminya.
Mungkin cara alternatif yang bisa digunakan adalah menggunakan kembali air yang telah dipompa sebelumnya. Tetapi tentu harus melewati proses penyaringan terlebih dahulu hingga air tersebut benar-benar layak untuk di gunakan kembali. Dan cara ini membutuhkan dana yang besar bukan ?


3. Penyediaan Pakan

Yang menjadi kendala budidaya belut salah satunya adalah ketersediaan pakan. Budidaya belut tidak sama dengan jenis budidaya perikanan lainnya. Jika budidaya perikanan lainnya semisal lele, pakan yang digunakan adalah pakan alami dan mudah didapatkan ditoko-toko perikanan. Berbeda dengan belut yang merupakan hewan karnivora dan sulit dicari pakan penggantinya.
Jika pun kita berhasil membuat pakan tambahan atau pakan buatan untuk budidaya belut. Langkah ini belumlah cukup untuk mengatasi masalah ini. Karena belum tentu belut akan memakan pakan buatan tersebut.

Itulah beberapa hal yang menjadi kendala dalam budidaya belut. Mungkin anda yang sebelumnya tertarik dalam usaha belut. Sebaiknya mempertimbangkan hal ini dan mencari pemecahan masalahnya terlebih dahulu.
SUPPORT US Dukung admin untuk terus berkarya dan selalu membagikan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.
[Menyalin] kode AMP